Search for collections on Undip Repository

Literasi Gizi dan Dukungan Sosial terhadap Kebiasaan Makan Remaja dengan Status Gizi Lebih

Rizka Nur Azizah, Akbar and Ratna Noer, Etika and Purwanti, Rachma and Probosari, Enny Literasi Gizi dan Dukungan Sosial terhadap Kebiasaan Makan Remaja dengan Status Gizi Lebih. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Image
Abstrak-Akbar Rizka Nur Azizah.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Remaja dengan status gizi lebih cenderung memiliki kebiasaan makan yang tinggi lemak dan gula. Hal ini sejalan dengan perilaku pemilihan makanan yang dilakukan dan berkaitan dengan literasi gizi pada remaja. Dukungan sosial yang diterima remaja juga dapat meningkatkan kontribusi dalam perilaku dan konsumsi makan yang lebih sehat.
Tujuan: Menganalisis hubungan literasi gizi dan dukungan sosial terhadap kebiasaan makan remaja dengan status gizi lebih.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dengan 50 responden. Variabel independen yang diukur dalam penelitian ini adalah literasi gizi dan dukungan sosial; sedangkan variabel dependen yang diukur adalah kebiasaan makan. Data literasi gizi diukur dengan kuesioner Adolescents Nutrition Literacy Scale, dukungan sosial diukur dengan kuesioner Diet-specific Social Support for Adolescents dan kebiasaan makan diukur dengan kuesioner Adolescents Food Habits Checklist. Data dianalisis menggunakan uji chi square dan regresi logistik.
Hasil: Literasi gizi dan dukungan sosial berhubungan secara signifikan terhadap kebiasaan makan remaja dengan status gizi lebih sebelum dikontrol variabel perancu dengan nilai p masing-masing yaitu p=0,020 dan p=0,002. Setelah dikontrol variabel perancu umur, aktivitas fisik dan asupan energi (p≤0,25) didapatkan bahwa dukungan sosial memiliki hubungan paling signifikan terhadap kebiasaan makan remaja dengan status gizi lebih dengan nilai p=0,009.
Simpulan: Dukungan sosial memiliki nilai signifikansi tertinggi terhadap kebiasaan makan remaja dengan status gizi lebih setelah dikontrol dengan variabel perancu.
Kata Kunci: Literasi Gizi, Dukungan Sosial, Kebiasaan Makan, Remaja, Status Gizi Lebih

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:47
Last Modified: 07 Feb 2024 07:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21152

Actions (login required)

View Item View Item