Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KREDITUR PENERIMA FIDUSIA DALAM PENJAMINAN SAHAM. _63 PDT 2023

NIADI, SHAFIRA SALSABILA and Badriyah, Siti Malikhatun and R. Suharto, R. Suharto (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KREDITUR PENERIMA FIDUSIA DALAM PENJAMINAN SAHAM. _63 PDT 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Skripsi_Shafira Salsabila Niadi-cover.pdf

Download (842kB)
[img] Text
Skripsi_Shafira Salsabila Niadi-abstrak.pdf

Download (317kB)
[img] Text
Skripsi_Shafira Salsabila Niadi-bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
Skripsi_Shafira Salsabila Niadi-bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] Text
Skripsi_Shafira Salsabila Niadi-bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
Skripsi_Shafira Salsabila Niadi-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
Skripsi_Shafira Salsabila Niadi-dapus.pdf

Download (938kB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini ialah adanya keperluan untuk mendapatkan modal bagi kelangsungan usaha yang menunjang perekonomian. Salah satu cara memperoleh modal ialah dengan melakukan pinjam meminjam dengan perjanjian yang biasa juga disebut perjanjian utang piutang dengan jaminan sebagai perjanjian ikutan untuk memperoleh rasa kepercayaan dan rasa aman salah satunya ialah dengan jaminan fidusia. Namun, terdapat ketentuan bahwa Hakim tidak melakukan sita jaminan atas saham yang tertera pada Buku II Pedoman Teknis Administrasi dan Teknis Peradilan Perdata Umum dan Perdata Khusus Edisi 2007 yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung. Adanya peraturan tersebut menimbulkan ketidakpastian hukum bagi kreditur apabila debitur penjamin saham wanprestasi dan terdapat indikasi bahwa debitur menghilangkan benda objek jaminan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui peraturan mengenai saham sebagai jaminan fidusia dan untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum yang didapatkan oleh kreditur sebagai penerima fidusia dalam penjaminan saham.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik pengumpulan data yang berbasis penelitian kepustakaan atau studi kepustakaan dengan tambahan teknik wawancara untuk melengkapi data penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa saham dapat berlaku sebagai objek jaminan fidusia sesuai dengan Undang-Undang Jaminan Fidusia, Undang-Undang Perseroan Terbatas, Undang-Undang Pasar Modal dan peraturan PT KSEI. Mengenai perlindungan hukum kreditur, saham yang dijaminkan oleh jaminan fidusia dapat dijual di bursa efek sesuai dengan Undang-Undang Jaminan Fidusia, apabila terdapat indikasi debitur akan menghilangkan benda objek jaminan fidusia maka kreditur dapat tetap memohonkan sita jaminan ataupun pemblokiran saham.
Kata kunci: Saham, Jaminan Fidusia, Perlindungan Hukum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Saham, Jaminan Fidusia, Perlindungan Hukum
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 20 Feb 2024 04:37
Last Modified: 20 Feb 2024 04:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21150

Actions (login required)

View Item View Item