Search for collections on Undip Repository

Efektivitas Penambahan Latihan Penguatan Ekstremitas Atas terhadap Peningkatan Kebugaran Kardiorespirasi Calon Jemaah Haji yang Mendapatkan Latihan Berjalan

Wardhani, Andriani Adilla Kusuma and Setiawati, Erna and Julianti, Hari Peni (2023) Efektivitas Penambahan Latihan Penguatan Ekstremitas Atas terhadap Peningkatan Kebugaran Kardiorespirasi Calon Jemaah Haji yang Mendapatkan Latihan Berjalan. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak Dilla.pdf

Download (403kB)

Abstract

Latar Belakang : Ibadah haji membutuhkan aktivitas fisik yang tinggi dan kebugaran kardiorespirasi yang baik. Ketidaksiapan kondisi fisik jemaah haji tercermin dari masih tingginya angka morbiditas dan mortalitas akibat penyakit kardiovaskular. Program latihan fisik para calon jemaah haji seperti latihan berjalan belum optimal karena kurangnya tingkat partisipasi, pembinaan dan pemantauan. Oleh karena itu, diperlukan kombinasi latihan aerobik dan penguatan ekstremitas atas untuk mendapatkan kebugaran kardiorespirasi lebih baik.
Tujuan : Untuk mengetahui efektivitas penambahan latihan penguatan ekstremitas atas terhadap kebugaran kardiorespirasi calon jemaah haji yang mendapatkan latihan berjalan.
Metode : Penelitian ini merupakan randomized controlled trial. Subjek adalah 36 calon jemaah haji yang dibagi menjadi 2 kelompok secara acak. Kelompok perlakuan (n=19) mendapatkan penambahan latihan penguatan ekstremitas atas 2 kali per minggu pada latihan berjalan 5 kali per minggu selama 6 minggu. Kelompok kontrol (n=19) mendapatkan latihan berjalan 5 kali per minggu selama 6 minggu. Kebugaran kardiorespirasi dinilai dengan uji jalan 6 menit untuk mendapatkan nilai VO2max pada sebelum dan setelah perlakuan.
Hasil : Terdapat perbedaan yang bermakna kebugaran kardiorespirasi yang diukur dengan rerata nilai VO2max sebelum dan sesudah latihan pada kelompok perlakuan (19,15±4,01; p=0,0002) dan kelompok kontrol (18,67±3,42; p=0,000). Peningkatan perubahan rerata selisih nilai VO2max antar kelompok lebih tinggi pada kelompok perlakuan dibandingkan kelompok kontrol (4,81±3,06 vs 2,68±1,78; p=0,011).
Kesimpulan : Penambahan latihan penguatan ekstremitas atas pada latihan berjalan selama 6 minggu meningkatkan kebugaran kardiorespirasi calon jemaah haji.
Kata Kunci : Latihan penguatan ekstremitas atas, latihan berjalan, calon jemaah haji, kebugaran kardiorespirasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: latihan penguatan ekstremitas atas, latihan berjalan, calon jemaah haji, kebugaran kardiorespirasi
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 13 Feb 2024 01:54
Last Modified: 13 Feb 2024 01:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21149

Actions (login required)

View Item View Item