Search for collections on Undip Repository

Efektivitas Penambahan Latihan Penguatan Ekstremitas Bawah terhadap Fungsi Keseimbangan pada Lansia Pre-Frail yang Mendapatkan Square Stepping Exercise

Yoseva, Veronica and Ambarwati, Endang and Julianti, Hari Peni (2023) Efektivitas Penambahan Latihan Penguatan Ekstremitas Bawah terhadap Fungsi Keseimbangan pada Lansia Pre-Frail yang Mendapatkan Square Stepping Exercise. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-TESIS)
VERONICA YOSEVA-22041419320011-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (20kB)

Abstract

Latar belakang. Lansia pre-frail mengalami risiko jatuh yang lebih tinggi daripada lansia robust. Penurunan kekuatan ekstremitas bawah dan gangguan keseimbangan merupakan faktor risiko utama kejadian jatuh pada lansia. Pada lansia pre-frail dibutuhkan latihan multikomponen latihan keseimbangan, penguatan, aerobik, dan fleksibilitas. Square Stepping Exercise dinilai efektif dalam meningkatkan keseimbangan dan mengurangi risiko jatuh pada lansia. Pencegahan risiko jatuh pada lansia pre-frail di komunitas perlu dilakukan secara dini dengan intervensi latihan yang tepat.

Tujuan. Untuk mengetahui efektivitas penambahan latihan penguatan ekstremitas bawah terhadap fungsi keseimbangan lansia pre-frail yang mendapatkan square stepping exercise.

Metode. Penelitian ini merupakan randomized control trial pada 38 lansia pre-frail, yang dibagi menjadi 2 kelompok terdiri dari kelompok perlakuan (n=19) dan kelompok kontrol (n=19). Kelompok perlakuan melakukan square stepping exercise dan latihan penguatan ekstremitas bawah, sedangkan kelompok kontrol melakukan square stepping exercise. Latihan dilakukan selama 6 minggu dan dilakukan pengukuran fungsi keseimbangan dengan berg balance scale sebelum dan sesudah intervensi 6 minggu pada kedua kelompok.

Hasil. Terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik rerata skor berg balance scale pra dan paska intervensi pada kelompok perlakuan (54,76 ± 0,97; p=0,000) dan kelompok kontrol (52,94 ± 2,15; p=0,000). Peningkatan perubahan rerata selisih/delta skor berg balance scale antar kelompok lebih tinggi pada kelompok perlakuan dibandingkan kelompok kontrol (5,47 ± 1,01 vs 3,06 ± 0,99; p = 0,000).

Kesimpulan. Penambahan latihan penguatan ekstremitas bawah pada square stepping exercise dapat meningkatkan fungsi keseimbangan lebih tinggi pada lansia pre-frail dibandingkan dengan square stepping exercise saja.

Kata kunci: lansia pre-frail, fungsi keseimbangan, square stepping exercise, latihan penguatan ektremitas bawah

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: lansia pre-frail, fungsi keseimbangan, square stepping exercise, latihan penguatan ektremitas bawah
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:41
Last Modified: 12 Feb 2024 01:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21119

Actions (login required)

View Item View Item