Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Penambahan Low-Level Laser Therapy Pada Latihan Peregangan Terhadap Kadar Asam Laktat Anak Cerebral Palsy

Gunawan, Yosephin Martha and Widagda, I Made and Kesoema, Tanti Ajoe (2023) Pengaruh Penambahan Low-Level Laser Therapy Pada Latihan Peregangan Terhadap Kadar Asam Laktat Anak Cerebral Palsy. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (YOSEPHIN MARTHA-22041419320015-TESIS-ABSTRAK)
YOSEPHIN MARTHA-22041419320015-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (37kB)

Abstract

Latar Belakang: Kelelahan merupakan keluhan fisik pada CP yang muncul dengan cepat dan dapat dilihat dari kadar asam laktat darah. Kondisi laktat yang tinggi menyebabkan metabolisme kerja otot tergangu, nyeri otot, sakit kepala, kelemahan tubuh, dll. Latihan peregangan sering diberikan pada anak CP untuk mengurangi spastisitas dan meningkatkan sirkulasi jaringan otot. Low Level Laser Therapy (LLLT) digunakan pada bidang olahraga untuk menurunkan asam laktat, tetapi hingga saat ini belum ada penelitian mengenai pengaruh LLLT pada asam laktat darah anak CP.
Metode: 24 anak CP yang memenuhi kriteria dibagi secara acak menjadi kelompok perlakuan (n=12) yang mendapat latihan peregangan dan penambahan LLLT pada muscle belly otot gastrocnemius-soleus dan hamstring 3x/minggu selama 12 sesi dan kelompok kontrol (n=12) mendapat sham LLLT dan latihan peregangan 2x/hari selama empat minggu. Kadar asam laktat darah diukur sebelum intervensi dimulai dan 24 jam setelah intervensi LLLT terakhir diberikan.
Hasil: Rerata nilai asam laktat kelompok kontrol menunjukkan penurunan yang tidak bermakna (p=0,074) sebesar 0,32 ± 0,5 mmol/L, sedangkan pada kelompok perlakuan, nilai asam laktat menunjukkan penurunan bermakna (p=0,001) sebelum dan setelah akhir sesi ke 12 sebesar 0,61 ± 0,45 mmol/L. Penurunan perubahan rerata selisih nilai asam laktat kelompok perlakuan lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol, tetapi perbedaan tersebut tidak bermakna (p=0,182).
Kesimpulan: Penambahan LLLT pada latihan peregangan secara signifikan dapat menurunkan kadar asam laktat darah pada anak CP, tetapi selisih penurunan asam lakat tidak berbeda bermakna dengan kelompok yang mendapatkan latihan peregangan saja.
Kata kunci: cerebral palsy, asam laktat, kelelahan, Low Level Laser Therapy (LLLT), latihan peregangan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: cerebral palsy, asam laktat, kelelahan, Low Level Laser Therapy (LLLT), latihan peregangan
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 19 Feb 2024 08:16
Last Modified: 19 Feb 2024 08:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21118

Actions (login required)

View Item View Item