Search for collections on Undip Repository

Efektivitas Low Level Laser Therapy terhadap Spastisitas Anak dengan Cerebral Palsy

Kurnia, Nadia and Putri, Rahmi Isma Asmara and Julianti, Hari Peni and Munawaroh, Naela (2023) Efektivitas Low Level Laser Therapy terhadap Spastisitas Anak dengan Cerebral Palsy. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK THESIS NADIA KURNIA)
ABSTRAK THESIS NADIA KURNIA.pdf

Download (37kB)

Abstract

Latar Belakang: Cerebral palsy (CP) tipe spastik merupakan disabilitas yang sering ditemui pada anak, dimana spastisitasnya lebih buruk terjadi pada ekstremitas bawah (m.gastrocnemius-soleus, hamstring, rectus femoris, adductor, dan psoas). Latihan peregangan sering diberikan sebagai terapi konservatif untuk menurunkan spastisitas pada anak dengan CP, namun lebih bermanfaat secara akut setelah pemberian latihan. Efek fotobiomodulasi dari Low Level Laser Therapy (LLLT) diketahui meningkatkan proses metabolisme seluler, sintesis ATP, prostaglandin, jaringan kolagen, miogenesis dan meningkatkan resistensi dari kelelahan otot, sehingga dapat menurunkan spastisitas. Penelitian ini ingin mempelajari efektivitas penambahan LLLT pada otot yang mendapatkan pelatihan konvensional peregangan terhadap spastisitas anak CP yang diukur dengan skala Tardieu.
Metode: 24 subjek yang memenuhi kriteria penelitian dibagi secara acak menjadi kelompok perlakuan (n=12) yang mendapat LLLT dengan panjang gelombang 830 nm dengan densitas energi 4 Joule/cm2 pada muscle belly m.gastrocnemius-soleus dan hamstring 3x/minggu selama 12 sesi +latihan peregangan 2x/hari selama 4 minggu dan kelompok kontrol (n=12) yang mendapat sham LLLT 3x/minggu selama 12 sesi + latihan peregangan 2x/hari selama 4 minggu. Spastisitas diukur sebelum dan setelah intervensi dengan menggunakan skala Tardieu.
Hasil: Terdapat perbaikan skala Tardieu (besar sudut tahanan dan derajat kualitas tahanan) baik pada kelompok kontrol maupun kelompok perlakuan, dimana keduanya bersifat signifikan (p<0,05). Peningkatan tersebut didapatkan lebih baik pada kelompok perlakuan jika dibanding kelompok kontrol.
Kesimpulan: Terdapat perubahan perbedaan spastisitas yang lebih baik pada anak CP yang mendapatkan LLLT pada otot ekstremitas bawah dibandingkan hanya mendapatkan latihan peregangan.
Kata kunci: cerebral palsy, spastisitas, latihan peregangan, Low Level Laser Therapy (LLLT)

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: cerebral palsy, spastisitas, latihan peregangan, Low Level Laser Therapy (LLLT)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:37
Last Modified: 12 Feb 2024 01:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21117

Actions (login required)

View Item View Item