Search for collections on Undip Repository

PERILAKU PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF OLEH IBU USIA REMAJA YANG MENGALAMI KEHAMILAN TIDAK DIINGINKAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANGDORO

ISNAINI, WIDI AMIRUL (2024) PERILAKU PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF OLEH IBU USIA REMAJA YANG MENGALAMI KEHAMILAN TIDAK DIINGINKAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANGDORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO WIDI.pdf - Published Version

Download (420kB)

Abstract

ASI eksklusif adalah pemberian ASI kepada bayi tanpa memberikan suplementasi makanan lainnya, kecuali vitamin, obat, dan air. ASI eksklusif sangat penting untuk anak, namun tidak semua ibu memberikan ASI secara eksklusif. Hal tersebut salah satunya disebabkan karena adanya riwayat KTD. Remaja KTD belum memiliki kesiapan untuk menjadi ibu baik secara emosional maupun fisik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran perilaku pemberian ASI eksklusif pada ibu usia remaja. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 5 ibu usia remaja di bawah 20 tahun yang memiliki anak usia 7-12 bulan di wilayah kerja Puskesmas Karangdoro. Teknik pengambilan data menggunakan indepth interview. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Dua dari lima subyek penelitian yang memberikan ASI eksklusif. Ketidaklancaran ASI disebabkan oleh intensitas menyusui yang kurang dan tidak melakukan IMD. Faktor pengetahuan mendorong subyek penelitian melakukan perilaku pemberian ASI eksklusif, karena dua subyek penelitian yang memberikan ASI eksklusif memiliki pengetahuan yang baik. Sikap yang baik tidak menentukan perilaku pemberian ASI eksklusif akan baik, meskipun semua subyek penelitian menyikapi kendala ASI dengan baik. Motivasi yang tinggi tidak menjadikan subyek mau memberikan ASI secara eksklusif. Seluruh subyek penelitian mengambil keputusannya sendiri berdasarkan saran dari orang lain, hal tersebut tidak membuat subyek memberikan ASI eksklusif. Keterjangkauan informasi yang mudah tidak membuat subyek penelitian memberikan ASI eksklusif. Aksesibilitas media sosial pada beberapa subyek dapat mendorong untuk memberikan ASI eksklusif. Perilaku keluarga dan perilaku tenaga kesehatan tidak mendorong subyek memberikan ASI eksklusif.

Kata kunci : ASI Eksklusif, Kehamilan Tidak Diinginkan, Ibu Usia Remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:34
Last Modified: 06 Feb 2024 02:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21104

Actions (login required)

View Item View Item