Search for collections on Undip Repository

Efektivitas Penambahan Latihan Penguatan Ektremitas Bawah terhadap Peningkatan Kebugaran Kardiorespirasi Calon Jemaah Haji yang Mendapatkan Latihan Aerobik Berjalan

Fahrudin, Muhammad Anang Eko and Wahyudati, Sri and Putri, Rahmi Isma Asmara (2023) Efektivitas Penambahan Latihan Penguatan Ektremitas Bawah terhadap Peningkatan Kebugaran Kardiorespirasi Calon Jemaah Haji yang Mendapatkan Latihan Aerobik Berjalan. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak Tesis)
Abstrak_Thesis-Anang.pdf

Download (10kB)

Abstract

Latar belakang. Kondisi kesehatan yang memadai sangat dibutuhkan oleh jemaah haji karena proses ibadah haji melibatkan aktivitas fisik yang sangat berat. Kebugaran kardiorespirasi yang baik dari calon jemaah haji akan mendukung optimalnya pelaksanaan ibadah dan menurunkan tingkat kesakitan. Tingkat partisipasi dan pelaksanaan kegiatan latihan yang terstruktur pada calon jemaah haji masih kurang.
Tujuan. Untuk mengetahui efektivitas penambahan latihan penguatan ekstremitas bawah terhadap kebugaran kardiorespirasi calon jemaah haji yang mendapatkan latihan aerobik berjalan.
Metode. Penelitian ini merupakan experimental pre and post test design pada 36 calon jemaah haji, yang dibagi menjadi 2 kelompok terdiri dari kelompok perlakuan(n=18) dan kelompok kontrol (n=18). Kelompok perlakuan melakukan latihan aerobik berjalan dan latihan penguatan ekstremitas bawah, sedangkan kelompok kontrol melakukan latihan aerobik berjalan. Latihan dilakukan selama 6 minggu dan dilakukan pengukuran VO2max dengan uji jalan 6 menit sebelum dan sesudah intervensi 6 minggu pada kedua kelompok.
Hasil. Terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik rerata nilai VO2max pra dan paska intervensi pada kelompok perlakuan(19,53 ± 4,76; p=0,0002) dan kelompok kontrol (18,36 ± 3,38; p=0,000). Peningkatan perubahan rerata selisih/delta VO2max antar kelompok lebih tinggi pada kelompok perlakuan dibandingkan kelompok kontrol (4,16 ± 2,03 vs 2,87 ± 1,89; p = 0,031).
Kesimpulan. Penambahan latihan penguatan ekstremitas bawah pada latihan aerobik berjalan dapat meningkatkan kebugaran kardiorespirasi lebih tinggi pada calon jemaah haji dibandingkan dengan latihan aerobik berjalan saja.
Kata kunci: jemaah haji, kebugaran kardiorespirasi, latihan aerobik berjalan, latihan penguatan ektremitas bawah

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: jemaah haji, kebugaran kardiorespirasi, latihan aerobik berjalan, latihan penguatan ektremitas bawah
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 07 Feb 2024 01:46
Last Modified: 07 Feb 2024 01:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21095

Actions (login required)

View Item View Item