Search for collections on Undip Repository

Hubungan Kualitas Diet dan Status Gizi dengan Tekanan Darah pada Pra Lansia dan Lansia di Kecamatan Semarang Tengah

Fatin Fuadillah, Faiza and Pramono, Adriyan and Fulyani, Faizah and Ratna Noer, Etika Hubungan Kualitas Diet dan Status Gizi dengan Tekanan Darah pada Pra Lansia dan Lansia di Kecamatan Semarang Tengah. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Faiza Fatin Fuadillah.pdf

Download (193kB)

Abstract

Latar Belakang: Prevalensi hipertensi pada usia lanjut, khususnya di Semarang Tengah terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kecamatan Semarang Tengah diketahui sebagai daerah pusat perkotaan di Kota Semarang yang memungkinkan penduduk usia lanjut terpapar makanan berisiko dan mengalami penurunan kualitas diet yang erat dengan masalah hipertensi. Status gizi lebih juga berkaitan erat dengan masalah hipertensi pada usia lanjut.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara kualitas diet dan status gizi dengan tekanan darah pada pra lansia dan lansia di Kecamatan Semarang Tengah.
Metode: Penelitian ini merupakan studi cross-sectional. Subjek penelitian sejumlah 75 orang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Kualitas diet diukur berdasarkan formulir Diet Quality Index-International (DQI-I). Status gizi ditinjau berdasarkan indeks massa tubuh, persen lemak tubuh dan lingkar pinggang. Tekanan darah diukur menggunakan sphygmomanometer digital. Data dianalisis menggunakan uji Pearson, Rank Spearman dan regresi linear metode backward.
Hasil: Sebanyak 37,34% subjek mengalami hipertensi. Subjek yang mengalami gizi lebih berdasarkan indeks massa tubuh sebanyak 61,3%, persen lemak tubuh sebanyak 70,7% dan lingkar pinggang sebanyak 73,3%. Mayoritas subjek (93,3%) memiliki kualitas diet yang rendah. Terdapat korelasi negatif antara kualitas diet dengan tekanan darah sistolik (r = -0,554; p = 0,000) dan diastolik (r = -0,388; p = 0,001). Sementara itu, terdapat korelasi positif antara status gizi yang ditinjau berdasarkan lingkar pinggang dengan tekanan darah sistolik (r = 0,348; p = 0,002).
Kesimpulan: Kualitas diet berkorelasi negatif terhadap tekanan darah sistolik dan diastolik. Lingkar pinggang berkorelasi positif terhadap tekanan darah sistolik.
Kata kunci: Pra lansia, Lansia, Kualitas Diet, Status Gizi, Tekanan Darah

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:12
Last Modified: 05 Feb 2024 07:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21085

Actions (login required)

View Item View Item