Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PEKERJA, HOUSEKEEPING, DAN KELELAHAN KERJA DENGAN KEJADIAN MINOR INJURY: STUDI DI TEMPAT PENGGILINGAN DAGING KOTA SEMARANG

LIONITA, ANDINI (2024) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PEKERJA, HOUSEKEEPING, DAN KELELAHAN KERJA DENGAN KEJADIAN MINOR INJURY: STUDI DI TEMPAT PENGGILINGAN DAGING KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ANDINI.pdf - Published Version

Download (496kB)

Abstract

Minor injury atau kecelakaan kerja ringan adalah kecelakaan kerja yang menyebabkan cedera ringan dan hanya membutuhkan penanganan P3K, serta tidak menyebabkan hilangnya waktu kerja dalam 2x24 jam. Terjadinya minor injury disebabkan oleh beberapa faktor meliputi faktor karakteristik pekerja, faktor manajemen, dan faktor lingkungan kerja. Tingginya target produksi pada penggilingan daging menyebabkan pekerja mengalami kelelahan yang cukup tinggi dan kurang memperhatikan penerapan housekeeping di tempat kerja, sehingga pekerja berisiko mengalami minor injury. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan karakteristik pekerja, housekeeping, dan kelelahan kerja dengan kejadian minor injury pada pekerja penggilingan daging Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analitik observasional dan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua pekerja penggilingan daging dengan jumlah 64 pekerja. Sampel diambil menggunakan metode sampling insidental dengan jumlah sampel sebanyak 56 pekerja. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner Industrial Fatigue Research Committee (IFRC) dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 66,1% pernah mengalami minor injury. Analisis data dengan uji chi-square menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan antara usia (p=0,026), tingkat pendidikan (p=0,005), masa kerja (0,029), dan kelelahan kerja (p=0,039) dengan kejadian minor injury, namun tidak terdapat hubungan antara housekeeping (p=0,955) dengan kejadian minor injury.

Kata kunci : Kejadian Minor Injury, Karakteristik Pekerja, Houekeeping, Kelelahan Kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 05 Feb 2024 05:40
Last Modified: 05 Feb 2024 05:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21078

Actions (login required)

View Item View Item