Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGENAI KANKER PAYUDARA TERHADAP PERILAKU SADARI PADA MAHASISWA PRIA OBESITAS DI FAKULTAS NON KESEHATAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

EKAPUTRI, ATIKA SALSABILA (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGENAI KANKER PAYUDARA TERHADAP PERILAKU SADARI PADA MAHASISWA PRIA OBESITAS DI FAKULTAS NON KESEHATAN UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ATIKA SALSABILA EKA.pdf - Published Version

Download (427kB)

Abstract

Kanker payudara pada pria termasuk dalam penyakit langka, dengan kemungkinan sangat kecil menyerang kaum laki-laki yaitu 1:1000 dan dengan angka kejadian <1% dari semua kanker payudara. Beberapa penelitian mengevaluasi faktor-faktor risiko kanker payudara yang dapat memicu peningkatan kejadian kanker payudara pada pria dan menemukan adanya korelasi antara obesitas dengan peningkatan risiko kanker payudara. Mahasiswa pria dengan kategori obesitas yang berasal dari fakultas non kesehatan telah memperoleh pengetahuan mengenai kanker payudara dan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Namun tidak semua mahasiswa pria dengan obesitas menyadari bahwa kanker payudara dapat terjadi pada pria, dan salah satunya dapat dipicu oleh adanya obesitas dan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) merupakan salah satu upaya deteksi dini mencegah kanker payudara. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 257 mahasiswa pria obesitas yang berasal dari Fakultas Non Kesehatan angkatan 2020. Sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariat. Dalam penelitian ini didapatkan hasil terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan perilaku pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) (p-value = 0,000), dan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara sikap dengan perilaku pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) (p-value = 1,000) pada mahasiswa pria obesitas dari fakultas non kesehatan Universitas Diponegoro.

Kata Kunci : pengetahuan, sikap, perilaku SADARI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:25
Last Modified: 29 Jan 2024 02:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20901

Actions (login required)

View Item View Item