Search for collections on Undip Repository

MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS PT JASA MARGA (PERSERO) TBK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PUBLIK

Khoirunnisa, Izmi (2021) MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS PT JASA MARGA (PERSERO) TBK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PUBLIK. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_Izmi Khoirunnisa_HUMAS.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

PT Jasa Marga (Persero) Tbk adalah perusahaan Badan Usaha Milik Negara
(BUMN) penyedia jasa layanan jalan tol di Indonesia. Sebagai penyedia layanan jasa, PT Jasa
Marga (Persero) Tbk masih seringkali mendapat beberapa keluhan dari pengguna jasa yang
disampaikan dari berbagai media. Dalam hal ini, kualitas pelayanan akan mempengaruhi
citra dan tingkat kepercayaan publik terhadap layanan jasa PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Maka
dari itu Humas PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan manajemen public relations
dengan perencanaan komunikasinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen
public relations PT Jasa Marga (Persero) Tbk untuk meningkatkan kualitas pelayanan
terhadap publik dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan
data melalui interview guide dengan wawancara mendalam (indepth interview) data melalui
observasi,wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen public relations yang digunakan
oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui tahap-tahap perencanaan komunikasi yaitu Defining
The Problem (menganalisa masalah) dengan memilah dan memetakan keluhan yang masuk
melalui channel yang disediakan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Planning and
Programming (melakukan perencanaan) dengan menentukan perencanaan program kerja
dan langkah-langkah untuk mencapai tujuan perusahaan, Taking action and
Communication (aksi dan komunikasi) dengan melakukan kegiatan komunikasi yang
dilakukan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk secara internal dan eksternal guna
meningkatkan kualitas pelayanan terhadap publik, dan Evaluating The Program (evaluasi
program) dengan membuat info grafis kegiatan perusahaan, dokumen arsip keluhan, serta
evaluasi tahunan terkait kegiatan yang sudah terealisasi.
Kata Kunci: Manajemen Public Relations, Kualitas Pelayanan, PT Jasa Marga (Persero) Tbk

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:24
Last Modified: 29 Jan 2024 02:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20900

Actions (login required)

View Item View Item