Search for collections on Undip Repository

Hubungan Rasionalitas Pengobatan OHO Dengan Pencapaian Target Terapi Pasien Diabetes Mellitus Tipe II di FKTP Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan

Rizky, Wardhiana Agung and Annisaa', Eva and Dini, Intan Rahmania Eka (2024) Hubungan Rasionalitas Pengobatan OHO Dengan Pencapaian Target Terapi Pasien Diabetes Mellitus Tipe II di FKTP Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak_Wardhiana Agung Rizky)
Abstrak_Wardhiana Agung Rizky.pdf

Download (8kB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes mellitus merupakan kasus terbanyak di Jawa Tengah. Penggunaan obat yang tidak rasional dapat menimbulkan berbagai permasalahan seperti peningkatan angka morbiditas dan mortalitas penyakit, pemborosan biaya kesehatan, dan munculnya efek yang tidak diinginkan. Sehingga, penelitian ini diperlukan untuk melihat rasionalitas pengobatan.
Tujuan: Mengetahui gambaran rasionalitas pengobatan OHO dan pencapaian target terapi, serta mengetahui hubungan antara rasionalitas pengobatan dengan pencapaian target terapi pasien diabetes mellitus tipe 2 di FKTP Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan.
Metode: Penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional dan teknik sampling yaitu purposive sampling dengan metode uji chi square untuk mengetahui hubungan antar variabel.
Hasil: Rasionalitas pengobatan OHO pasien DM tipe 2 di FKTP Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan sebesar 47,67% rasional dan 52,33% tidak rasional. Pencapaian target terapinya menunjukkan 26,7% tercapai dan 73,3% tidak tercapai. Terdapat hubungan antara rasionalitas pengobatan OHO dengan pencapaian target terapi (p=0,014).
Kesimpulan: Pengobatan OHO dan target terapi pasien DM tipe 2 di FKTP Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan mayoritas tidak rasional dan tidak tercapai. Terdapat hubungan antara rasionalitas pengobatan OHO dengan pencapaian target terapi.
Kata kunci: diabetes mellitus tipe 2, rasionalitas pengobatan, HbA1C, target terapi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Diabetes mellitus tipe 2, rasionalitas pengobatan, HbA1C, target terapi
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:24
Last Modified: 30 Jan 2024 07:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20894

Actions (login required)

View Item View Item