Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS METODE PLIKASI KELLY TERHADAP PERUBAHAN KLINIS PASIEN INKONTINENSIA URIN TIPE TEKANAN

Notohatmodjo, Puspitasari and Pramono, M. Besari Adi and Mulyantoro, Inu and Kristanto, Herman and Purnaningtyas, Dewi Astri and Mochtar, Arufiadi Anityo and Erwinanto, Erwinanto (2023) EFEKTIVITAS METODE PLIKASI KELLY TERHADAP PERUBAHAN KLINIS PASIEN INKONTINENSIA URIN TIPE TEKANAN. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak Tesis Puspitasari Notohatmodjo)
Abstrak Tesis Puspitasari Notohatmodjo.pdf

Download (18kB)

Abstract

LATAR BELAKANG : Pasien dengan prolaps organ panggul (POP) biasanya datang dengan keluhan POP, inkontinensia urin tipe tekanan (SUI) ditemukan saat dilakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik. Akibatnya, keluhan SUI persisten meskipun sudah menjalani operasi POP. Oleh karena itu, SUI yang ditemukan bersamaan dengan prolaps organ panggul dan menjalani pembedahan dapat dilakukan metode plikasi Kelly.

TUJUAN : Untuk mengetahui data terkait efektivitas metode plikasi Kelly terhadap perubahan klinis dan kualitas hidup pasien yang menderita SUI.

METODE : Penelitian observasional analitik dengan desain single cohort prospektif one group pretest-posttest, yang dilaksanakan di RSUP Dr. Kariadi Semarang melibatkan 31 subjek penelitian. Seluruh subjek dilakukan pengukuran data karakteristik dasar, kuesioner IIQ-7 preoperasi, dan tes pembalut. Kemudian, seluruh subjek akan menjalani operasi metode Kelly. Evaluasi pascaoperasi akan dilakukan 3 bulan setelahnya, meliputi pengukuran kuesioner IIQ-7 dan tes pembalut. Seluruh data akan dianalisis menggunakan perangkat lunak, dengan analisis univariat dan bivariat dengan uji paired t-test dan Wilcoxon test.
HASIL : Tingkat efektivitas metode plikasi Kelly tercatat sebesar 58,06% pada penelitian ini. Mayoritas subjek penelitian ini berusia pada rentang 50-59 tahun (38,7%) dan sudah mengalami menopause (87,1%). Analisis korelasi data karakteristik dasar terhadap derajat SUI preoperasi menunjukkan bahwa derajat POP berkorelasi terhadap derajat SUI. Uji pembalut dan uji kuesioner IIQ-7 menunjukkan penurunan signifikan pada pengukuran postoperasi pada kelompok perlakuan (p: <0.001 & p: <0.001, secara berurutan).

KESIMPULAN : Dapat disimpulkan bahwa metode plikasi Kelly terbukti efektif dalam mengurangi kejadian SUI.

Kata Kunci : IIQ-7, inkontinensia urin, SUI, plikasi Kelly, prolaps organ panggul.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: IIQ-7, inkontinensia urin, SUI, plikasi Kelly, prolaps organ panggul.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 01 Feb 2024 01:35
Last Modified: 01 Feb 2024 01:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20868

Actions (login required)

View Item View Item