Search for collections on Undip Repository

MODEL SISTEM PARKIR DENGAN KAMERA UNTUK PENGENALAN PLAT NOMOR MOBIL DAN SENSOR ULTRASONIK UNTUK BUKA TUTUP PORTAL OTOMATIS

Hanifan, Muhammad Fatih (2021) MODEL SISTEM PARKIR DENGAN KAMERA UNTUK PENGENALAN PLAT NOMOR MOBIL DAN SENSOR ULTRASONIK UNTUK BUKA TUTUP PORTAL OTOMATIS. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_ Teknik Elektro_Muhammad Fatih Hanifan.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Di PT Dua Kelinci sendiri sedang melakukan pergantian dari tenaga manusia ke tenaga otomatis, parkir di sana belum memakai sistem otomatis. Lebih baik tempat parkinya di kelola oleh PT. Dua Kelinci sendiri dan pada satu tempat yang besar dan menggunakan portal parkir yang lebih modern dan aman. Penelitian ini menerapkan pengolahan citra untuk mengidentifikasi dan mengenali plat nomor kendaraan. Sistem diharapkan mampu mengenali karakter huruf dan angka yang terdapat dalam citra. Citra nomor polisi kendaraan bermotor ditangkap menggunakan kamera digital. Pengolahan citra merupakan salah satu jenis teknologi untuk menyelesaikan masalah mengenai pemrosesan gambar. Dalam image processing gambar yang ada diolah, sehingga gambar tersebut lebih mudah untuk diproses. Dari permasalahan di atas, saya berencana membuat suatu inovasi portal parkir dengan pengolahan citra untuk plat nomor kendaraan. Maka dari itu, dapat diambil kesimpulan bahwa pembuatan Tugas Akhir yang penulis ajukan ini berjudul “ Model Sistem Parkir Dengan Kamera Untuk Pengenalan Plat Nomor Mobil Dan Sensor Ultrasonik Untuk Buka Tutup Portal Otomatis.”.
Kata kunci : Ultrasonik, model, portal, kamera.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ultrasonik, model, portal, kamera.
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Electrical Engineering
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:23
Last Modified: 26 Jan 2024 07:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20861

Actions (login required)

View Item View Item