Search for collections on Undip Repository

Hubungan Keragaman Pangan dan Karakteristik Sosiodemografi dengan Status Gizi Balita di Desa Jeruksari Kabupaten Pekalongan

Inenda, Rahmania and Ratna Noer, Etika and Nuryanto, Nuryanto Hubungan Keragaman Pangan dan Karakteristik Sosiodemografi dengan Status Gizi Balita di Desa Jeruksari Kabupaten Pekalongan. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Rahmania Inenda.pdf

Download (164kB)

Abstract

Pendahuluan: Beberapa penyebab tidak langsung dari permasalahan stunting adalah karakteristik sosiodemografi serta keragaman pangan pada balita. Pendidikan orang tua, pengetahuan ibu, pendapatan keluarga, dan pekerjaan ibu menjadi karakteristik sosiodemografi yang dapat mempengaruhi status gizi balita. Mengkonsumsi makanan yang bervariasi menunjukkan status gizi yang optimal dan merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya defisiensi gizi.
Tujuan: Menganalisis hubungan keragaman pangan dan karakteristik sosiodemografi dengan status gizi balita di Desa Jeruksari Kabupaten Pekalongan.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional menggunakan desain crosssectional. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah subjek uji 132 bayi berusia 0-59 bulan. Data asupan diambil dengan menggunakan wawancara kepada ibu balita menggunakan kuesioner semi quantitative food frequency questionnaire (SQ-FFQ). Penelitian ini dilakukan di Desa Jeruksari Kabupaten Pekalongan. Analisis bivariat menggunakan uji chi-square dan uji regresi logistik ganda untuk mengetahui hubungan.
Hasil: Hasil bivariat menunjukkan bahwa kecukupan asupan protein dan kecukupan asupan karbohidrat pada balita, serta pendidikan orang tua berhubungan signifikan dengan status gizi balita. Uji multivariat menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel pendidikan ayah dan pendidikan ibu terhadap status gizi balita. Pendidikan ayah yang tergolong dasar-menengah memiliki risiko 10,7 kali lipat dan pendidikan ibu yang tergolong dasar-menengah memiliki risiko 3,7 kali lipat mengalami stunting.
Simpulan: Terdapat hubungan karakteristik sosiodemografi (pendidikan ayah dan pendidikan ibu) dengan status gizi balita.
Kata Kunci: Balita, karakteristik sosiodemografi, pengetahuan ibu, pendapatan keluarga, stunting.

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:00
Last Modified: 26 Jan 2024 03:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20840

Actions (login required)

View Item View Item