Search for collections on Undip Repository

Kualitas Hidup Pasien Osteoartritis Lutut di Instalasi Rehabilitasi Medik Rumah Sakit Nasional Diponegoro

Rahaditya, Hafizh Budi and Kesoema, Tanti Ajoe and Maharani, Nani (2024) Kualitas Hidup Pasien Osteoartritis Lutut di Instalasi Rehabilitasi Medik Rumah Sakit Nasional Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (HAFIZH BUDI RAHADITYA-22010117140095-KTI-ABSTRAK)
HAFIZH BUDI RAHADITYA-22010117140095-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (34kB)

Abstract

Latar Belakang: Osteoartritis (OA) adalah penyakit degeneratif yang terjadi pada persendian dan dapat disebabkan oleh usia, jenis kelamin, sindrom metabolik, obesitas, dan/atau riwayat cedera. Pada penderita OA dapat muncul keluhan seperti rasa pegal dan kaku pada persendian yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas hidup dari penderita OA. Rumah Sakit Nasional Diponegoro, Semarang, merupakan salah satu rumah sakit yang menangani banyak pasien OA lutut sehingga perlu diketahui gambaran kualitas hidup dari pasien yang berobat di rumah sakit tersebut guna meningkatkan kepuasan pasien serta kualitas pelayanan rumah sakit.
Tujuan: Mengetahui gambaran kualitas hidup pasien osteoartritis lutut yang mendapatkan terapi di Instalasi Rehabilitasi Medik Rumah Sakit Nasional Diponegoro.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan metode cross-sectional. Penelitian dilaksanakan selama bulan Desember 2023 di Instalasi Rehabilitasi Medik Rumah Sakit Nasional Diponegoro. Jumlah sampel yang dikumpulkan sebanyak 64 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara consecutive sampling, yaitu dengan memasukkan pasien yang memenuhi kriteria penelitian hingga waktu tertentu sampai jumlah sampel terpenuhi. Subjek yang memenuhi kriteria diwawancara menggunakan instrument pengukur kualitas hidup WHOQOL-BREF. Data yang didapat dari hasil wawancara kemudian dianalsis secara deskriptif kemudian dipresentasikan dalam bentuk tabel beserta dengan interpretasinya.
Hasil: Rata-rata skor domain fisik adalah 60,1, domain psikologi 72,2, domain sosial 68,8, dan domain lingkungan 74,8. Keempat domain kualitas hidup memiliki rata-rata skor baik.
Kesimpulan: Pasien OA lutut yang berobat di Instalasi Rehabilitasi Medik Rumah Sakit Nasional Diponegoro memiliki rata-rata kualitas hidup yang baik pada keempat domain kualitas hidup.
Kata Kunci: Osteoartritis Lutut, Kualitas Hidup, WHOQOL-BREF

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Hidup, Osteoartritis Lutut, WHOQOL-BREF
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:20
Last Modified: 26 Jan 2024 01:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20831

Actions (login required)

View Item View Item