Zahra, Anisa (2021) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KOMUNIKASI FRONTLINER LAYANAN PURNA JUAL DENGAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PT. NASMOCO SILIWANGI SEMARANG. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
TA_HUMAS_ANISA ZAHRA.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Komunikasi merupakan satu hal kunci dan erat kaitannya dengan kita sebagai manusia.
Komunikasi memudahkan kita untuk menyampaikan maksud dan tujuan kepada penerima
pesan. Implementasinya yaitu kepada sebuah perusahaan, Nasmoco Siliwangi sebagai salah
satu perusahaan otomotif yang mengedepankan pelayanan tentunya harusmempertimbangkan
kualitas komunikasi yang diberikan oleh perusahaan khususnya bagian frontliner kepada
konsumen.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kualitas komunikasi
frontliner layanan purna jual dengan loyalitas konsumen. Pada penelitian ini menggunakan
teori kompetensi komunikasi dan menggunakan tipe penelitian eksplanatori dengan metode
kuantitatif berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dari sasaran penelitian
ini adalah konsumen Toyota Nasmoco Siliwangi serta sampel penelitian ini berjumlah 95 orang
yang diperoleh dari perhitungan menggunakan rumus Frank Lynch.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kualitas
komunikasi frontliner pada layanan purna jual dengan loyalitas konsumen. Dan disimpulkan
bahwa penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif serta signifikan antara kualitas
komunikasi dengan loyalitas konsumen.
Kata kunci : Kualitas Komunikasi, Frontliner, Servis, Purna Jual, Loyalitas Konsumen
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Humanities |
Divisions: | School of Vocation > Diploma in Public Relations |
Depositing User: | Oktavia Perpus Vokasi |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 08:41 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 08:41 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20821 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |