Search for collections on Undip Repository

PEMANFAATAN APLIKASI LIBRARY AUTOMATION AND DIGITAL ARCHIVE (LONTAR) SEBAGAI PENYIMPANAN DATA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS INDONESIA

Sari, Novita Indah (2021) PEMANFAATAN APLIKASI LIBRARY AUTOMATION AND DIGITAL ARCHIVE (LONTAR) SEBAGAI PENYIMPANAN DATA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_Meliana Abhilia Wardani_PERPUS.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tugas akhir ini berjudul “Pemanfaatan Aplikasi Library Automation and Digital Archive (LONTAR) Sebagai Penyimpanan Data di Perpustakaan Universitas Indonesia”. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah menjelaskan pemanfaatan Aplikasi Library Automation and Digital Archive (LONTAR) sebagai penyimpanan data seperti data anggota, data buku, data koleksi, layanan sirkulasi, informasi biaya serta kendala-kendala yang dihadapi, upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala, serta kesesuaian antara teori dan praktik. Jenis metode dan sumber data yang digunakan adalah data kualitatif dan sumber data primer. Pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah metode observasi dan wawancara. Pengolahan data dalam penulisan tugas akhir ini menggunakan metode deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah analisis data kualitatif. Pemanfaatan Aplikasi Library Automation and Digital Archive (LONTAR) sebagai penyimpanan data di Perpustakaan Universitas Indonesia merupakan bentuk inovasi yang bertujuan pada peningkatan layanan perpustakaan. Dalam prosesnya masih terdapat kendala seperti mengalami gangguan jaringan atau error dan data scan tidak sesuai dengan informasi koleksi yang dipinjam, bahkan beberapa koleksi tidak dapat teridentifikasi ketika melakukan scan barcode. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah membuat dua portal online, sehingga user tidak mengalami kendala saat melakukan akses serta melakukan proses scan secara detail dan memastikan bahwa tag untuk scan masih dalam kondisi yang baik, rutin melakukan koreksi pada label yang dipasangkan pada buku untuk dilakukan scan. Kemudian disesuaikan dengan judul atau subjek lainnya sehingga mempermudah identifikasi serta penyimpanan data koleksi secara digital. Kegiatan penerapan Aplikasi Library Automation and Digital Archive (LONTAR) sebagai penyimpanan data di Perpustakaan Universitas Indonesia sesuai dengan teori.
Kata kunci : LONTAR, Koleksi, Perpustakaan Universitas Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LONTAR, Koleksi, Perpustakaan Universitas Indonesia
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Library and Information
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 25 Jan 2024 08:21
Last Modified: 25 Jan 2024 08:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20811

Actions (login required)

View Item View Item