Search for collections on Undip Repository

STRATEGI KOMUNIKASI DINAS SOSIAL PROVINSI JAWA TENGAH DALAM MELAKUKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI “LAPOR GUB”

Sa’diyah, Dhea Erida Halimatus (2021) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS SOSIAL PROVINSI JAWA TENGAH DALAM MELAKUKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI “LAPOR GUB”. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_DHEA ERIDA_HUMAS.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya penjaminan pelayanan publik yang dikaitkan dengan suatu kegiatan yang
dilakukan organisasi atau instansi Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang
Pelayanan Publik, Pemerintah Daerah berkewajiban menyelenggarakan pelayanan publik secara
terintegrasi dan berkesinambungan dalam upaya memenuhi harapan dan tuntutan masyarakat
terhadap kualitas pelayanan publik. Strategi komunikasi dilakukan oleh Dinas Sosial Provinsi
Jawa Tengah untuk melakukan pelayanan publik melalui “Lapor Gub” menggunakan metode
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang digunakan oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah melalui tahaptahap perencanaan komunikasi yaitu Fact Finding, Planning, dan Communication, dan Evaluation.
Tahap Fact Finding Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah melakukan riset pelayanan publik melalui
“Lapor Gub”. Setelah menemukan hasil data di lapangan, Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah
melakukan tahap Planning yaitu tahapan penyusunan dari hasil data di lapangan dalam rangka
menangani pelayanan publik. Selanjutnya tahap Communication kegiatan komunikasi yang
dilakukan Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah kepada pihak internal dan eksternal dalam
melakukan pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat. Tahap terakhir yaitu Evaluation
kegiatan yang sudah dijalankan dan melangsungkan evaluasi yang dilaksanakan setahun sekali.
Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah menggunakan strategi komunikasi untuk menciptakan
komunikasi yang efektif untuk memberikan kualitas dan kepercayaan layanan publik kepada
masyarakat.
Kata Kunci : Dinas Sosial, Strategi Komunikasi, Pelayanan Publik, Lapor Gub

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 25 Jan 2024 08:15
Last Modified: 25 Jan 2024 08:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20809

Actions (login required)

View Item View Item