Search for collections on Undip Repository

STRATEGI PENINGKATAN DISIPLIN KERJA DALAM MENCAPAI PRODUKTIVITAS KINERJA PEGAWAI PERUMDA AIR MINUM BANYUMILI KABUPATEN REMBANG

Hasanah, Rafita Uswatun (2021) STRATEGI PENINGKATAN DISIPLIN KERJA DALAM MENCAPAI PRODUKTIVITAS KINERJA PEGAWAI PERUMDA AIR MINUM BANYUMILI KABUPATEN REMBANG. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_MANAJEMEN_RAFITA USWATUN HASANAH.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan sumber daya manusia dalam sebuah organisasi sangatlah menentukan, kelengkapan sarana dan prasarana yang canggih pada suatu organisasi tanpa didukung sumber daya manusia yang unggul kemungkinan besar organisasi tersebut akan mengalami kesulitan dalam mencapai tujuannya. Tercapainya tujuan organisasi dapat dilihat ketika tercapainya produktivitas kinerja, melalui kedisiplinan kerja yang tinggi akan memudahkan suatu organisasi mencapai produktivitas kinerjanya. Penelitian pada Perumda Air Minum Banyumili Kabupaten Rembang ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan pada Perumda Air Minum Banyumili serta strategi yang diberikan dalam meningkatkan kedisiplinan guna mencapai produktivitas kinerja pegawai Perumda Air Minum Banyumili Kabupaten Rembang.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan cara pengumpulan data melalui observasi langsung mengenai pelanggaran disiplin kerja, wawancara dengan narasumber yang berhubungan langsung dengan permasalahan yang akan diteliti, dan dokumentasi dengan melihat dokumen-dokumen terkait Perumda Air Minum Banyumili Kabupaten Rembang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan pada Perumda Air Minum Banyumili Kabupaten Rembang kurang baik, dikarenakan masih banyaknya pegawai yang melanggar peraturan jam kerja yang akan berdampak pada ketidak efektifan jam kerja serta tidak tercapainya produktivitas kinerja. Strategi Perumda Air Minum Banyumili Kabupaten Rembang dalam meningkatkan kedisiplinan guna mencapai produktivitas kinerja yaitu dengan selalu mengingatkan pada Penilaian Prestasi Kerja, yang didalamnya terdapat dua pokok fungsi yang harus terpenuhi yaitu kehadiran dan nilai prestasi kerja yang menjadi persyaratan mutlak dalam kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada Perumda Air Minum Banyumili Kabupaten Rembang mengenai Strategi peningkatan kedisiplinan dalam mencapai produktivitas kinerja pegawai yaitu dengan memberikan sanksi yang tegas dan jelas untuk para pegawai yang tidak disiplin sesuai peraturan pemberian sanksi yang telah ditetapkan perusahaan agar pelanggaran tersebut tidak terulang lagi.
Kata Kunci: Disiplin kerja, produktivitas, kinerja, Strategi peningkatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Disiplin kerja, produktivitas, kinerja, Strategi peningkatan
Subjects: Economics and Business
Divisions: School of Vocation > Diploma in Management
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:31
Last Modified: 25 Jan 2024 07:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20797

Actions (login required)

View Item View Item