Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENGARUH SEKTOR – SEKTOR POTENSIAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN REMBANG

Salsabila, Vania Nitya (2021) ANALISIS PENGARUH SEKTOR – SEKTOR POTENSIAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN REMBANG. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_MANAJEMEN_Vania Nitya Salsabila.pdf - Published Version

Download (785kB)

Abstract

Kabupaten Rembang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Rembang terus meningkat akan tetapi SDM di Kabupaten Rembang masih belum bisa memanfaatkan potensi yang dimiliki dengan maksimal oleh karena itu, perlu adanya analisis sektor potensial dan strategi dalam mendorong dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Rembang.
Dengan adanya analisis sektor potensial dan strategi perencanaan pembangunan ekonomi yang baik dan sesuai dengan kondisi daerah tersebut dalam hal ini Kabupaten Rembang akan mendorong dan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis sektor ekonomi potensial dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Rembang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis location quetiont (LQ) dan analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Kabupaten Rembang dari 17 sektor terdapat 9 sektor yang basis atau potensial. Sektor basis atau potensial artinya, sektor ini telah mampu memenuhi kebutuhan daerahnya sendiri. Maka, strategi yang tepat untuk mendukung sektor basis atau sektor potensial adalah dengan memaksimalkan sektor potensial tanpa mengesampingkan sektor non basis. Penelitian ini berdasarkan kondisi Kabupaten Rembang pada periode 2011 – 2020.
Kata Kunci: sektor potensial, sektor strategi, LQ, SWOT

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sektor potensial, sektor strategi, LQ, SWOT
Subjects: Economics and Business
Divisions: School of Vocation > Diploma in Management
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:20
Last Modified: 25 Jan 2024 07:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20796

Actions (login required)

View Item View Item