Search for collections on Undip Repository

UJI HASIL PENGELASAN PADA BAJA KARBON AISI 1045 DENGAN METODE DRY VISIBLE MENGGUNAKAN MAGNAFLUX NDT YOKE Y2

Ramadhanta, Muhamad Ichsan (2021) UJI HASIL PENGELASAN PADA BAJA KARBON AISI 1045 DENGAN METODE DRY VISIBLE MENGGUNAKAN MAGNAFLUX NDT YOKE Y2. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_MESIN_MUHAMAD ICHSAN RAMADHANTA.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Dalam proses pengelasan sering muncul permasalahan yaitu ketidaksempurnaan proses penyambungan, oleh karena itu dibutuhkan pengujian yang bisa mendeteksi hal tersebut sejak dini dan tanpa menimbulkan kerusakan yang lain. Pengujian yang digunakan adalah Non Distructive Testing (NDT). Pada Non Distructive Testing (NDT) jenis Magnetic Particle Inspection (MPI) dengan menggunakan mesin Magnaflux YOKE Y2.
Dalam penelitian ini dilakukan pembuatan spesimen dari 2 buah baja AISI 1045 yang disambungkan satu sma lain dengan melakukan proses pengelasan. Spesimen yang dibuat berjumlah 3, masing-masing diuji 3 kali untuk mengetahui cacat hasil pengelasan. Proses pengujian dilakukan dengan menggunakan MPI Dry Visible.
Setelah di lakukan pengujian dengan beberapa spesimen dan analisa pada spesimen tersebut bahwa adanya indikasi cacat di bawah permukaan yang terdeteksi oleh mesin magnaflux yoke y2, ketika terdeteksi adanya cacat bentuk serbuk magnet dari hasil pengujian alat cenderung mengikuti bentuk cacatnya, hal ini di sebabkan karena terbentuk medan magnet bocoran dari cacat tersebut yang menyebabkan tertariknya serbuk magnet ke rongga cacat sehingga lebih mudah untuk mengidentifikasi letak cacatnya.
Kata kunci : NDT, Baja Karbon AISI 1045, Analisa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: NDT, Baja Karbon AISI 1045, Analisa
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Mechanical Engineering
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 25 Jan 2024 06:08
Last Modified: 25 Jan 2024 06:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20787

Actions (login required)

View Item View Item