Search for collections on Undip Repository

Strategi Komunikasi Humas Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang saat Pandemi Covid-19

Ayuningtyas, Nisrina Itsnadewi (2020) Strategi Komunikasi Humas Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang saat Pandemi Covid-19. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_Nisrina Itsnadewi_HUMAS.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang yang merupakan penyedia layanan jasa transportasi udara dengan terjadinya penurunan penumpang saat pandemi covid-19. Humas bandara yang bertugas untuk menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan para stakeholder berupaya melakukan strategi komunikasi untuk membuat calon penumpang bersedia menggunakan jasa bandara lagi saat pandemi covid-19 karena sejumlah aturan baru dan protokol kesehatan telah dilakukan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh Humas Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang saat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi humas Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang saat pendemi covid-19 melalui berbagai tahap; tahap pertama identifikasi khalayak berdasarkan segmentasi demografis, geografis, dan psikografis. Tahap kedua, menentukan tujuan dari strategi komunikasi yang dilakukan yaitu membuat calon penumpang menggunakan jasa bandara lagi karena aman meskipun saat pandemi covid-19 karena adanya aturan baru dan protokol kesehatan yang telah diterapkan dan untuk meningkatkan jumlah penumpang yang turun drastis saat pandemi covid-19. Tahap ketiga, menyusun pesan informasi yang akan disampaikan kepada khalayak dengan ketentuan format bandara. Kemudian tahap keempat pemilihan media berupa media cetak, media elektronik, serta media sosial untuk menyebarkan pesan informasi kepada khalayak bandara.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Humas, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Humas, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Pandemi Covid-19
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:34
Last Modified: 25 Jan 2024 03:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20755

Actions (login required)

View Item View Item