Search for collections on Undip Repository

RANCANG BANGUN SMART METER PRABAYAR BERBASISKAN NODEMCU 8266 DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI (IoT) MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO

Hidayatulloh, Muhammad Ridwan (2021) RANCANG BANGUN SMART METER PRABAYAR BERBASISKAN NODEMCU 8266 DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI (IoT) MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_Muhammad Ridwan Hidayatulloh_ TEKNIK ELEKTRO.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari pembuatan Tugas Akhir adalah membangun sistem alat yang dapat digunakan untuk memonitoring daya yang digunakan dan pengisian token listrik secara real time mengunakan “aplikasi” smartphone yang akan terhubung pada server. Sistem listrik prabayar yang sedang berjalan masih menuai banyak permasalahan, misalnya tidak dapat melakukan kontrol dari pulsa listrik yang dibeli dan pengisian token listrik yang tidak dapat dilakukan melalui smartphone. Dari permasalahan itu, Penulis membuat sebuah alat monitoring dan pengisian token listrik Meter Prabayar menggunakan arduino dan modul wifi NodeMCU 8266 sehingga dapat diakses melalui smartphone secara realtime. Smarthphone sekarang ini menjadi barang yang tidak dapat ditinggalkan dalam aktivitas masyarakat, Dari hal itu peneliti akan membuat suatu alat yang dapat berfungsi memonitoring dan mengontrol meter listrik prabayar melalui smarthphone. Arduino Nano berfungsi sebagai mikrokontroler yang digunakan untuk memprogram alat tersebut, sehingga alat dapat berjalan dengan baik dan sesuai perintah. Modul Wifi Node MCU Esp8266 berfungsi sebagai perangkat tambahan mikrokontroler sehingga dapat terhubung langsung dengan wifi dan membuat koneksi TCP/IP. Sensor arus dan sensor tegangan berfungsi sebagai pendeteksi arus dan tegangan yang masuk pada meter listrik yang akan di gunakan untuk monitoring daya yang digunkan perhari secara real time.
Kata Kunci : NodeMCU 8266, Sensor Arus, Sensor Tegangan, Meter Prabayar, Arduino Nano

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: NodeMCU 8266, Sensor Arus, Sensor Tegangan, Meter Prabayar, Arduino Nano
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Electrical Engineering
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 25 Jan 2024 05:10
Last Modified: 25 Jan 2024 05:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20738

Actions (login required)

View Item View Item