Search for collections on Undip Repository

LAYANAN LONG DISTANCE CIRCULATION (LDC) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO (UDINUS)

Richa, Azkiya Ferra (2021) LAYANAN LONG DISTANCE CIRCULATION (LDC) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO (UDINUS). Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_PERPIN_Azkiya Ferra Richa.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Tugas akhir ini berjudul “Layanan Long Distance Circulation (LDC) Pada Masa Pandemi COVID-19 Di UPT Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS)” Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang layanan Long Distance Circulation (LDC) yang ada di UPT Perpustakaan UDINUS pada masa pandemi COVID-19, kendala yang dihadapi dalam memanfaatkan layanan LDC, upaya mengatasi kendala, kelebihan dan kekurangan layanan LDC, serta kesesuaian antara teori dan praktik tentang layanan LDC di UPT Perpustakaan UDINUS. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tugas akhir ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi. Pengolahan dan analisis data penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa, kegiatan layanan Long Distance Circulation (LDC) merupakan suatu layanan delivery order buku yang ada di UPT Perpustakaan UDINUS untuk membantu pemustaka dalam memenuhi kebutuhan informasi yang dapat digunakan dengan mudah, dan dapat dikirim melalui ojek online dan jasa ekspedisi pengiriman. Kendala yang dihadapi pada kegiatan layanan LDC yaitu pemesanan ojek online yang diproses oleh perpustakaan. Sedangkan upaya dalam mengatasi kendala dengan melakukan pemesanan ojek online dari pihak pemustaka. Kemudian, kelebihan pada layanan LDC yaitu memenuhi kebutuhan informasi pemustaka secara cepat dan mudah diseluruh kota, dan mampu memberikan citra perpustakaan yang baik. Meskipun demikian penggunaan layanan LDC memiliki kekurangan yaitu minimnya promosi layanan, informasi ketersediaan buku yang kurang sesuai dengan OPAC, dan tidak adanya pemberlakuan denda. Perubahan teknologi dan informasi pada perpustakaan menurut teori sudah sesuai dengan Widayanti. Perpustakaan perguruan tinggi sebagai sumber informasi perguruan tinggi sudah sesuai dengan melayani pemustaka dengan segala kondisi tertentu. Layanan delivery order menurut Budiman sudah sesuai dengan praktik dan teori dalam ‘menjemput bola’ dengan keterbatasan tertentu. Layanan sirkulasi melalui delivery order kurang sesuai, karena hanya didaerah tertentu saja yang dapat memanfaatkan layanan menurut Widyawati dan Pariyanti.
Kata Kunci: Layanan LDC; Pandemi; UPT Perpustakaan UDINUS

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Layanan LDC; Pandemi; UPT Perpustakaan UDINUS
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Library and Information
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:05
Last Modified: 25 Jan 2024 02:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20724

Actions (login required)

View Item View Item