Search for collections on Undip Repository

STRATEGI KOMUNIKASI KEHUMASAN DINAS PARIWISATA KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KABUPATEN BATANG DALAM MENGKAMPANYEKAN PROGAM BATANG EKRAF FESTIVAL 2020

Arrahma, Adina Nova (2021) STRATEGI KOMUNIKASI KEHUMASAN DINAS PARIWISATA KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KABUPATEN BATANG DALAM MENGKAMPANYEKAN PROGAM BATANG EKRAF FESTIVAL 2020. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_Hubungan Masyarakat_Adina Nova.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Batang Ekraf Festival adalah program kampanye yang mengenalkan dan
mengajak masyarakat pada produk lokal ekonomi kreatif, komunitas dan
diselenggarakan melalui sebuah event virtual. Pariwisata Kabupaten Batang telah
mengalami perkembangan, selain dikenal pada wisata alam yang menyuguhkan
pemandangan yang indah Kabupaten Batang memiliki 17 Subsektor Ekonomi
Kreatif salah satunya kriya, kuliner, fashion, seni pertunjukan dan lainnya.
Produk lokal Kabupaten Batang memiliki keunikan dan inovatif. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasiprogram Batang Ekraf
Festival 2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik
wawancara mendalam kepada tiga narasumber yang terkait dengan program
Batang Ekraf Festival 2020.
Hasil dari penelitian ini yaitu, peneliti menemukan bahwa strategi
komunikasi yang digunakan oleh Disparpora Kabupaten Batang dalam program
Batang Ekraf Festival 2020 terdapat beberapa langkah yang dilakukan. Disparpora
Kabupaten Batang melakukan analisis situasi dan khalayak, penyusunan rencana,
pemilihan media, penyusunan pesan, dan peran komunikator. Dalam program
kampanye Batang Ekraf Festival 2020 pada masa pandemi Covid – 19
mengharuskan program ini terbentuk secara virtual. Terdapat tiga kegiatan
didalamnya yaitu, Ekraf Exhibition, Festival Komunitas, dan Roban Fashion
Week. Kesimpulan dari penelitian adalah Disparpora Kabupaten Batang telah
menyusun strategi komunikasi kampanye dengan baik dan pola strategi
komunikasi yang digunakan adalah pola sekunder yang menggunakan alat dalam
penyampaian pesan ke khalayak.
Kata Kunci: Kampanye, Komunikasi, Strategi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kampanye, Komunikasi, Strategi
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 24 Jan 2024 08:00
Last Modified: 24 Jan 2024 08:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20704

Actions (login required)

View Item View Item