Search for collections on Undip Repository

PENGUJIAN HASIL KINERJA DAYA PADA MESIN POMPA TUNGGAL MENGGUNAKAN POWER QUALITY ANALYZER

Arrosyid, Anwar (2021) PENGUJIAN HASIL KINERJA DAYA PADA MESIN POMPA TUNGGAL MENGGUNAKAN POWER QUALITY ANALYZER. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_Teknik Mesin_Anwar Arrosyid.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik dan penggunaan daya listrik pada beberapa mesin pompa tunggal dengan menggunakan alat uji Power Quality Analyzer. Pada penelitian ini Power Quality Analyzer ini juga digunakan sebagai pembanding hasil dengan data perhitungan secara teoritis atau manual dari beberapa merk pompa yang di uji. Power Quality Analyzer adalah sebuah alat analisa daya yang dapat dilakukan untuk pengujian mengukur daya,arus serta tegangan. Power Meter Logic yang di lengkapi dengan data logger digunakan untuk penyimpan data hasil pengujian berlangsung, dan juga di perlukan layar monitor computer yang bias digunakan software powerview untuk menampilkan data yang ada pada data logger.
Pengambilan data pada pengujian ini menggunakan dari berbagai merk pompa rumah tangga yang ada di pasaran dan di setujui oleh dosen pembimbing, diantaranya. Pompa Shimizu Jet-108, Pompa Shimizu Ps-128-BIT, Pompa Sanyo P-WH236C, Pompa Panasonic GP-129JXK, dan juga Pompa Guangzouli DB-35. Dilakukan pengujian setiap mesin pompa sebanyak 5 kali dengan interval waktu tiap pengujian yaitu 1 menit. Dengan kinerja mesin pompa pada saat bekerja pengujian atau di gunakan menggunakan Power Quality Analyzer, ,maka pengujian berlangsung dengan hasil data yang di ambil berupa keluaran daya, arus, frekuensi, dan data yang di butuhkan lainya.
Kata Kunci : Pengukuran daya, pompa, power quality analyzer

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengukuran daya, pompa, power quality analyzer
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Mechanical Engineering
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:58
Last Modified: 24 Jan 2024 03:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20664

Actions (login required)

View Item View Item