Search for collections on Undip Repository

MENGETAHUI PERBANDINGAN KEKUATAN GESER PADA MATERIAL STAINLESS STEEL 201 DAN SILVER STEEL MENGGUNAKAN ALAT SHEARING MACHINE MANUAL HAND PUMP

Syafirin, Mohammad Yusuf (2021) MENGETAHUI PERBANDINGAN KEKUATAN GESER PADA MATERIAL STAINLESS STEEL 201 DAN SILVER STEEL MENGGUNAKAN ALAT SHEARING MACHINE MANUAL HAND PUMP. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_Teknik Mesin_Yusuf Syafirin.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pengujian kekuatan geser terhadap material logam terus dilakukan untuk menjaga kualitas material tersebut tetap terjaga. Kekuatan atau Ketahanan Geser (Shear Stress) adalah salah satu sifat mekanik (Mechanical properties) dari suatu material logam. Dalam pengujian kekuatan geser kali ini, dilakukan dengan metode shearing machine manual hand pump dimana pergeseran material terjadi saat dudukan material berhadapan dengan pisau penggeser yang dipompa secara manual. Metode tersebut menganut standar pengujian ASTM E-143. Nilai kekuatan geser didapat melalui uji kekuatan geser dengan bahan uji Stainless Steel 201 dan Silver Steel dengan masing-masing 10 spesimen.
Dari Penelitian ini diperoleh Stainless Steel 201 dengan diameter 6 mm nilai rata-rata sebanyak 10x percobaan yaitu tekanan 159,60 Kg/cm² dan untuk tegangan geser yang didapat senilai 627,78 MPA. Pada Silver Steel dengan diameter 7 mm nilai rata-rata sebanyak 10x percobaan yaitu tekanan 161,71 Kg/cm² dan untuk tegangan geser yang didapat senilai 467,32 MPA.
Kata kunci: Shearing Machine Manual Hand Pump, Stainless Steel 201, Silver Steel

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Shearing Machine Manual Hand Pump, Stainless Steel 201, Silver Steel
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Mechanical Engineering
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:44
Last Modified: 24 Jan 2024 03:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20660

Actions (login required)

View Item View Item