Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PENGATURAN KAPASITAS MELALUI PERUBAHAN FREKUENSI MOTOR TERHADAP KONSUMSI DAYA LISTRIK PADA POMPA AIR SENTRIFUGAL RANGKAIAN PARAREL

Barus, Wendi Ladever (2021) PENGARUH PENGATURAN KAPASITAS MELALUI PERUBAHAN FREKUENSI MOTOR TERHADAP KONSUMSI DAYA LISTRIK PADA POMPA AIR SENTRIFUGAL RANGKAIAN PARAREL. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_Wendi Ladever Barus_TEKNIK MESIN.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pompa banyak digunakan didalam berbagai pengaplikasian baik dalam dunia industri maupun pribadi. Pada pemaikaian tertentu pompa memerlukan pengaturan kapasitas yang bervariasi, salah satu cara pengaturan kapasitas pompa adalah dengan mengubah frekuensi menggukan inverter. Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan frekuensi untuk menganalisa daya spesifik yang dikonsumsi oleh pompa, dan pada tugas akhir ini digunakan Power Quality Analyzer sebagai data logger.
Pengukuran dilakukan pada motor 1 phase pada test bed pompa. Durasi pengukuran adalah 5 menit dengan interval waktu pengambilan data setiap 1 menit sekali. Dengan melakukan variasi putaran impeller melalui inverter dengan frekuensi 50Hz, 40 Hz, 30 Hz, 20 Hz, 10 Hz. Hasil pengujian menunjukkan perubahan frekuensi motor menyebabkan perubahan kecepatan putaran, arus, daya. Disetiap penurunan frekuensi menyebabkan penuruna Head, Daya Hidrolis, Daya Motor, dan Efisiensi pompa dan pada setiap penurunan frekuensi pompa selalu panas. Perubahan frekuensi dapat mengurangi konsumsi daya listrik, dan besarnya pengurangan konsumsi daya listrik di setiap frekuensi berbeda-beda.
Kata kunci : Power quality analyzer, pompa, inverter, motor, daya

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Power quality analyzer, pompa, inverter, motor, daya
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Mechanical Engineering
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:38
Last Modified: 24 Jan 2024 02:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20634

Actions (login required)

View Item View Item