Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN SIKAP DAN PERILAKU MAHASISWA KEDOKTERAN DENGAN PENGETAHUAN PENULISAN RESEP

Ruswandi, Cynthia and Mahati, Endang (2023) HUBUNGAN SIKAP DAN PERILAKU MAHASISWA KEDOKTERAN DENGAN PENGETAHUAN PENULISAN RESEP. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (67kB)

Abstract

Latar Belakang : Resep merupakan permintaan tertulis dari dokter atau dokter gigi kepada apoteker. Dalam lampiran keterampilan SKDI 2012, keterampilan menulis resep mempunyai level kompetensi 4A, yang artinya lulusan dokter harus mampu melakukan secara mandiri. Pengetahuan penulisan resep sangat penting agar terapi yang diberikan kepada pasien dapat berhasil. Akan tetapi, mahasiswa kedokteran menganggap materi penulisan resep sulit dan tidak menarik. Sikap dan perilaku mahasiswa yang baik dalam proses pembelajaran sangat penting dalam membentuk kebiasaan belajar yang baik sehingga tingkat pengetahuan mahasiswa akan baik pula.
Tujuan : Mengetahui hubungan sikap dan perilaku mahasiswa kedokteran terhadap pengetahuan penulisan resep.
Metode : Penelitian observasional deskriptif dengan metode cross-sectional yang dilakukan pada mahasiswa Kedokteran Universitas Diponegoro. Sebanyak 101 mahasiswa diminta mengisi kuesioner sikap dan perilaku dan soal pengetahuan penulisan resep. Pengambilan data diambil secara daring. Data dianalisis secara deskriptif dan bivariat menggunakan uji Fisher exact.
Hasil : Rata-rata skor sikap dan perilaku terhadap pembelajaran penulisan resep mahasiswa S-1 Kedokteran adalah 75,88 yang termasuk kategori positif. Rata-rata skor pengetahuan penulisan resep adalah 95,84 yang termasuk kategori positif. Tidak terdapat hubungan signifikan antara sikap dan perilaku dengan pengetahuan penulisan resep (p=1,00)
Kesimpulan : Sikap dan perilaku mahasiswa kedokteran dengan pengetahuan penulisan resep termasuk dalam kategori positif. Tingkat pengetahuan penulisan resep juga termasuk dalam kategori positif. Namun tidak terdapat hubungan signifikan antara kedua variabel. Oleh karena itu, diperlukan analisis dari faktor lain yang mempengaruhi tingkat pengetahuan penulisan resep.
Kata Kunci : pengetahuan penulisan resep, sikap mahasiswa terhadap pengetahuan penulisan resep, perilaku mahasiswa terhadap pengetahuan penulisan resep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan penulisan resep, sikap mahasiswa terhadap pengetahuan penulisan resep, perilaku mahasiswa terhadap pengetahuan penulisan resep
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:46
Last Modified: 24 Jan 2024 06:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20624

Actions (login required)

View Item View Item