Search for collections on Undip Repository

Tingkat Pengetahuan dan Implementasi Uji Tapis Penyakit Jantung Bawaan Kritis Menggunakan Pulse Oximetry oleh Dokter Internship

Salsabiela, Annisa Triana and Soetadji, Anindita and Adespin, Dea Amarilisa and Hardaningsih, Galuh (2024) Tingkat Pengetahuan dan Implementasi Uji Tapis Penyakit Jantung Bawaan Kritis Menggunakan Pulse Oximetry oleh Dokter Internship. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ANNISA TRIANA SALSABIELA-22010120120012-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (14kB)

Abstract

Latar belakang: Penyakit jantung bawaan kritis (PJBK) adalah penyakit jantung bawaan yang memerlukan intervensi cepat dan tepat pada tahun pertama kehidupan bayi. Uji tapis PJBK menggunakan pulse oximetry diharapkan dapat menemukan kasus PJBK lebih dini sehingga proses diagnosis dan tatalaksananya dapat dilakukan lebih dini. Dokter internship yang ditempatkan di seluruh Indonesia diharapkan dapat mengetahui dan mengimplementasikan uji tapis PJBK.

Tujuan: Mengetahui tingkat pengetahuan dokter internship tentang uji tapis PJBK menggunakan pulse oximetry dan implementasinya di tempatnya bertugas.

Metode: Penelitian cross-sectional ini dilakukan pada 120 responden dokter internship lulusan Universitas Diponegoro angkatan 2016 dan 2017 yang masih aktif internship pada tahun 2023. Tingkat pengetahuan dokter internship mengenai uji tapis PJBK menggunakan pulse oximetry akan dihubungkan dengan implementasinya di tempatnya bertugas dengan metode analisis bivariat Spearman.

Hasil: Tingkat pengetahuan dokter internship mengenai uji tapis PJBK menggunakan pulse oximetry dalam kategori cukup. Implementasi uji tapis PJBK menggunakan pulse oximetry dalam kategori kurang. Terdapat hubungan bermakna (p=0.007) antara sumber informasi dengan tingkat pengetahuan. Terdapat hubungan bermakna (p=0.002) antara sumber informasi dengan implementasi uji tapis PJBK. Tidak terdapat hubungan bermakna (p=0.441) antara tingkat pengetahuan dengan implementasi uji tapis PJBK.

Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara sumber informasi dengan tingkat pengetahuan dan implementasi uji tapis PJBK. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dengan implementasi uji tapis PJBK.

Kata Kunci: PJBK, Uji Tapis PJBK, Tingkat Pengetahuan, Implementasi, Dokter Internship

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PJBK, Uji Tapis PJBK, Tingkat Pengetahuan, Implementasi, Dokter Internship
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:21
Last Modified: 23 Jan 2024 08:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20591

Actions (login required)

View Item View Item