Search for collections on Undip Repository

PENGARUH GREENWASHING PERCEPTIONS TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION PADA KEMASAN RECYCLE BOTOL PLASTIK COCA-COLA (STUDI PADA KONSUMEN MINUMAN COCA-COLA)

SALMA, Nafiqatus (2023) PENGARUH GREENWASHING PERCEPTIONS TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION PADA KEMASAN RECYCLE BOTOL PLASTIK COCA-COLA (STUDI PADA KONSUMEN MINUMAN COCA-COLA). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika & Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010119120061.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (Abst (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010119120061.pdf - Published Version

Download (431kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010119120061.pdf - Published Version

Download (358kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010119120061.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010119120061.pdf - Published Version

Download (436kB)
[img] Text (Full Text PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119120061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Banyak perusahaan berusaha untuk meningkatkan posisi lingkungan mereka dengan mempresentasikan upaya lingkungan mereka kepada publik. Untuk melakukannya, mereka menerapkan strategi pemasaran hijau untuk membantu mendapatkan keunggulan kompetitif dan menarik konsumen sadar ekologi. Namun, tidak semua klaim green marketing secara akurat mencerminkan perilaku lingkungan perusahaan, dan dapat dipandang sebagai 'greenwashing'. Greenwashing mungkin tidak hanya mempengaruhi profitabilitas perusahaan, tetapi yang lebih penting, mengakibatkan kerugian etis. Oleh karena itu, penelitian ini memperluas studi greenwashing sebelumnya dengan memeriksa pengaruh tambahan dan hasil dari greenwashing yang dirasakan.

Penelitian di lakukan terhadap 150 responden melalui kuesioner kuantitatif dengan pertanyaan tertutup yang memiliki skala likert 1-5. Analisis penelitian dilakukan dengan metode structural equation model (AMOS) menggunakan software AMOS.

Hasil penelitian mmenunjukkan bahwa presepsi greenwashing tidak berpengaruh langsung terhadap niat beli hijau, namun melalui pengaruh dari mulut ke mulut hijau. Presespi greenwashing berpengaruh negatif dan signifikan terhadap mulut ke mulut hijau, mulut ke mulut hijau berpengaruh positif terhadap nilai yang di rasakan hijau, mulut ke mulut hijau berpengaruh poisitif terhadap niat beli hijau, nilai yang di rasakan hijau berpengaruh terhadap niat beli hijau. Dengan temuan ini menunjukkan bahwa pentingnya dari mulut ke mulut hijau bagi perusahaan hijau dalam mencapai niat beli hijau, nilai yang di rasakan hijau juga merupakan variabel penting, karena merupakan pemicu proses yang mengarah pada niat beli hijau.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Presepsi greenwashing, dari mulut ke mulut hiaju, nilai yang di rasakan hiaju, niat beli hijau.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Nila Nurjanah
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:48
Last Modified: 29 Jan 2024 06:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20511

Actions (login required)

View Item View Item