Search for collections on Undip Repository

STUDI KOMPARASI SAFE BEHAVIOR DENGAN DUA MODEL SAFETY EDUCATION PADA SISWA SMK JURUSAN PENGELASAN DI KOTA SEMARANG

YULIANTO, NUR FAIZ (2024) STUDI KOMPARASI SAFE BEHAVIOR DENGAN DUA MODEL SAFETY EDUCATION PADA SISWA SMK JURUSAN PENGELASAN DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO NUR FAIZ.pdf - Published Version

Download (430kB)

Abstract

SMK Jurusan Pengelasan di Kota Semarang mengajarkan kepada para siswanya pengetahuan, keterampilan, sikap, dan praktik Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3LH) di lingkungan sekolah. Meskipun memiliki persamaan dalam melakukan pembelajaran K3LH, tetapi terdapat perbedaan intensitas pembelajaran pada setiap sekolah. Saat kegiatan praktikum, terlihat banyak perilaku siswa yang tidak pantas, termasuk bercanda, penggunaan peralatan yang tidak sesuai prosedur, dan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) yang tidak lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dan membandingkan safe behavior siswa dalam hasil belajar K3LH dengan intensitas belajar yang sama, tetapi model penyampaian materi yang berbeda di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan pretest dan post-test non-equivalent control group design, pada siswa SMK Jurusan Pengelasan di Kota Semarang. Hasil purposive sampling pada 36 siswa per kelompok, khusus menyasar siswa kelas X. Kelompok eksperimen diberi intervensi melalui video pembelajaran animasi K3LH sebanyak empat kali selama dua minggu. Instrumen penelitian meliputi kuesioner pretest dan post-test yang meliputi pengetahuan, persepsi, dan sikap. Analisis data menunjukkan perbedaan dalam peningkatan skor pengetahuan (p = 0,0001), persepsi (p = 0,02), sikap (p = 0,019), dan perilaku aman (p = 0,0001) dalam kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan demikian, perbedaan dalam safe behavior terlihat jelas antara dua model safety education pada siswa SMK Jurusan Pengelasan di Kota Semarang. Temuan ini menyimpulkan bahwa keefektifan video pembelajaran animasi K3LH. Disarankan agar guru mengadopsi metode ini untuk meningkatkan pengalaman belajar dan mempromosikan perilaku yang lebih aman di kalangan siswa. Penelitian lebih lanjut dan evaluasi berkelanjutan dapat memberikan wawasan tambahan tentang menyempurnakan model pendidikan keselamatan bagi siswa kejuruan di jurusan pengelasan.
Kata Kunci : Safe Behavior, Video Animasi Pembelajaran, SMK Jurusan Pengelasan,
Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3LH)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 18 Jan 2024 08:11
Last Modified: 18 Jan 2024 08:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20467

Actions (login required)

View Item View Item