Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KONSISTENSI ULASAN, KUANTITAS ULASAN, DAN VALENSI ULASAN TERHADAP MINAT BELI ONLINE DENGAN SIKAP PADA PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Tokopedia di Kota Semarang)

DJAJAKUSUMAH, Baron Ariatama (2023) PENGARUH KONSISTENSI ULASAN, KUANTITAS ULASAN, DAN VALENSI ULASAN TERHADAP MINAT BELI ONLINE DENGAN SIKAP PADA PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Tokopedia di Kota Semarang). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010119130298.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010119130298.pdf - Published Version

Download (403kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010119130298.pdf - Published Version

Download (403kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010119130298.pdf - Published Version

Download (536kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010119130298.pdf - Published Version

Download (582kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119130298.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan internet yang saat ini semakin meningkat berdampak pada
berubahnya pola transaksi jual beli dimasyarakat. Transaksi jual beli yang semula
dilakukan secara offline, sekarang mulai beralih ke online yaitu salah satunya ecommerce. Dalam e-commerce, informasi suatu produk sangat terbatas sehingga
ulasan konsumen merupakan salah satu faktor penting dalam mempengaruhi minat
beli. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Konsistensi Ulasan,
Kuantitas Ulasan, Valensi Ulasan, dan Minat Beli Online dengan Sikap pada
Produk sebagai Variabel Intervening pada Pengguna Tokopedia.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling
pada pengumpulan datanya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak
126 responden yang merupakan pengguna Tokopedia yang pernah membeli dan
membaca ulasan produk. Dalam tujuh hipotesis yang diuji menggunakan alat
analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang dioperasikan menggunakan
software AMOS 24
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari tujuh hipotesis yang diajukan,
seluruh hipotesis dapat diterima. Seluruh hipotesis yang diterima adalah: hipotesis
1 (terdapat pengaruh positif antara konsistensi ulasan terhadap minat beli online),
hipotesis 2 (terdapat pengaruh positif antara kuantitas ulasan terhadap minat beli
online), hipotesis 3 (terdapat pengaruh positif antara valensi ulasan terhadap minat
beli online), hipotesis 4 (terdapat pengaruh positif antara sikap pada produk
terhadap minat beli online), dan hipotesis 5 (terdapat pengaruh positif antara
konsistensi ulasan terhadap sikap pada produk) hipotesis 6 (terdapat pengaruh
positif antara kuantitas ulasan terhadap sikap pada produk), hipotesis 7 (terdapat
pengaruh positif antara valensi ulasan terhadap sikap pada produk).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsistensi ulasan, Kuantitas Ulasan, Valensi Ulasan, Sikap pada Produk, Minat Beli Online
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:37
Last Modified: 18 Jan 2024 07:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20458

Actions (login required)

View Item View Item