Search for collections on Undip Repository

Analisis Proksimat dan Uji Sensori Pada Snackbar Berbasis Tepung Jewawut Dengan Biji Labu Kuning Sebagai Alternatif Makanan Selingan Penderita Diabetes Melitus Tipe II

Aras Putri, Viska and Nur Afifah, Diana and Mahati, Endang and Ayustaningwarno, Fitriyono Analisis Proksimat dan Uji Sensori Pada Snackbar Berbasis Tepung Jewawut Dengan Biji Labu Kuning Sebagai Alternatif Makanan Selingan Penderita Diabetes Melitus Tipe II. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Viska Aras Putri.pdf

Download (183kB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes Melitus tipe II merupakan penyakit gangguan metabolik akibat gangguan fungsi insulin sehingga diperlukan adanya manajemen diet untuk mengontrol kadar glukosa darah. Snackbar merupakan inovasi pangan yang berbentuk batang. Produk dalam penelitian ini menggunakan bahan dasar jewawut dan biji labu kuning. Kedua bahan dasar ini memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kandungan proksimat dan sensori snackbar.
Metode: Penelitian eksperimental menggunakan rancangan acak lengkap dengan variasi perbandingan tepung jewawut dan biji labu kuning. Kandungan karbohidrat dihitung menggunakan metode by difference, protein menggunakan metode kjeldahl, lemak menggunakan metode soxhlet, air dan abu menggunakan metode oven, dan serat kasar menggunakan metode gravimetri. Pengujian sensori dilakukan oleh mahasiswa ilmu gizi dengan rentang umur 18-22 tahun. Uji normalitas dengan menggunakan Saphiro Wilk. Analisis data dengan menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan Duncan.
Hasil: Produk snackbar ini (per 50 gram) memiliki kandungan air sekitar 10,16-14,29%, abu 2,06-2,95%, lemak 13,22-22,17%, protein 5,06-7,66%, karbohidrat 47,44-60,49% dan serat 6,97-8,04%. Terdapat perbedaan secara signifikan terhadap warna (p=0,001), rasa (p=0,000), dan tekstur (p=0,000). Sedangkan, pada atribut aroma tidak terdapat perbedaan secara signifikan (p=0,947).
Simpulan: Kadar air, abu, protein, dan serat pada seluruh formulasi snackbar telah memenuhi syarat SNI.
Kata Kunci: Proksimat, Sensori, Jewawut, Snackbar

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:19
Last Modified: 18 Jan 2024 04:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20443

Actions (login required)

View Item View Item