Search for collections on Undip Repository

ANALISIS KONSENTRASI DAN SEBARAN KLOROFIL DI MUARA SUNGAI BANGER DAN PERAIRAN PEKALONGANKOTA PEKALONGAN, JAWA TENGAH (23dos369)

KRESNA, FAWASATYA BAGUS (2023) ANALISIS KONSENTRASI DAN SEBARAN KLOROFIL DI MUARA SUNGAI BANGER DAN PERAIRAN PEKALONGANKOTA PEKALONGAN, JAWA TENGAH (23dos369). Undergraduate thesis, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

[img] Text
Fawasatya Bagus K 23dos369.pdf

Download (468kB)

Abstract

ABSTRAK
(Fawasatya Bagus Kresna. 26050119140038. Analisis Konsentrasi dan Sebaran Klorofil di Muara Sungai Banger dan Perairan Pekalongan Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Muhammad Zainuri dan Agus Anugroho Dwi Suryoputro).
Muara sungai Banger berfungsi sebagai kanal karena menjadi sebuah tampungan dari sungai Pekalongan agar dapat mengendalikan banjir. Masuknya limbah ke daerah perairan memiliki banya dampak yang berpengaruh bagi manusia secara langsung maupun tidak langsung. Klorofil-a merupakan salah satu parameter oseanografi yang sering digunakan sebagai penentu kualitas sebuah perairan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis konsentrasi dan persebaran kandungan klorofil-a di perairan, serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kandungan klorofil-a. Pengambilan data dilakukan secara in situ di Lapangan dan diolah di Laboratorium menggunakan metode spektrofotometri UV-VIS. Persebaran klorofil didapatkan dengan menggunakan interpolasi yang diolah pada ArcGIS dan di overlay dengan data angin hingga berbentuk peta persebaran. Berdasarkan hasil yang didapat, nilai klorofil-a yang didapat berkisar antara 1,2551 mg/l 9,303 mg/l. Hasil persebaran menunjukkan bahwa kisaran kandungan klorofil-a yang tinggi didapat pada daerah muara sungai dan berkurang ketika menuju ke laut lepas. Data sekunder diambil dengan menggunakan data citra yaitu Sentinel-2 sebagai data validasi dan dengan regresi linear sehingga dapat menentukan akurat. Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai kandungan klorofil-a adalah jumlah kandungan nutrien dan aktivitas manusia, sedangkan faktor yang mempengaruhi persebaran klorofil-a secara horizontal berupa arus permukaan yang dipengaruhi oleh angin dan kondisi pasang dan surut.
Kata Kunci: Klorofil-a, Angin, Sentinel-2, Muara Sungai Banger, Pekalongan

ABSTRACT
(Fawasatya Bagus Kresna. 26050119140038. Analysis of Chlorophyll Concentration and Distribution in Muara Sungai Banger and Pekalongan Sea, Pekalongan City, Central Java. Muhammad Zainuri dan Agus Anugroho Dwi Suryoputro).
Banger River Mouth functions as a canal, serving as a reservoir for the Pekalongan River to control floods. The inflow of pollutants into the aquatic area has numerous direct and indirect impacts on human beings. Chlorophyll-a is a key oceanographic parameter often employed to assess the quality of a body of water. This study aims to understand and analyze the concentration and distribution of chlorophyll-a content in the water, as well as identify the influencing factors. Data collection was carried out in situ in the field and processed in the laboratory using UV-VIS spectrophotometry. The distribution of chlorophyll was obtained through interpolation processed in ArcGIS and overlaid with wind data to create a distribution map. Based on the findings, the chlorophyll-a values ranged from 1.2551 mg/l to 9.303 mg/l. The distribution outcomes indicate higher chlorophyll-a content in the river estuary area and a decrease as it moves towards the open sea. Secondary data were obtained using Sentinel-2 satellite imagery as validation data, employing linear regression for accuracy determination. Factors influencing chlorophyll-a content include nutrient concentrations and human activities, whereas horizontal distribution is affected by surface currents influenced by wind and tidal conditions.
Keywords: Chlorophyll-a, wind, Sentinel-2, Banger River Mouth, and Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Klorofil-a, Angin, Sentinel-2, Muara Sungai Banger, Pekalongan Chlorophyll-a, wind, Banger River Mouth, and Pekalongan
Subjects: Fisheries And Marine Sciences
Divisions: Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Oceanography
Depositing User: pancasila wati
Date Deposited: 15 Mar 2024 06:05
Last Modified: 15 Mar 2024 06:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20422

Actions (login required)

View Item View Item