Search for collections on Undip Repository

PERILAKU KESIAPAN PENERIMAAN POP-C ONLINE PADA PEKERJA KONSTRUKSI PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG SERBAGUNA DI PT.X

HASAN, ZHAFARINA LAILI (2024) PERILAKU KESIAPAN PENERIMAAN POP-C ONLINE PADA PEKERJA KONSTRUKSI PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG SERBAGUNA DI PT.X. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ZHAFARINA LAILI.pdf - Published Version

Download (312kB)

Abstract

E-reporting merupakan pelaporan potensi bahaya dari setiap pekerja dengan media internet maupun media elektronik. Penerapan e-reporting membutuhkan kesiapan baik infrastruktur maupun kultur organisasi. Perilaku kesiapan penerimaan teknologi di pengaruhi beberapa faktor, seperti predisposing factors (umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pengetahuan, sikap, persepsi ketersediaan fasilitas), enabling factors (pelatihan, safety talk, safety promotion) dan reinforcing factors (SOP, dukungan manajemen, reward and punishment).
Salah satu perusahaan jasa konstruksi sudah memiliki program POP-C Online namun dalam pengimplementasian belum dilakukan secara merata pada proyek lain seperti proyek pembangunan gedung serbaguna. Terdapat permasalahan dalam melaporkan bahaya menggunakan formulir POP-C kurangnya partisipasi pekerja karena hanya terdapat satu tempat khusus untuk melaporkan bahaya, kurang efektif dan efisien, serta adanya keterlambatan dari pengendalian potensi bahaya. Oleh sebab itu, diperlukan perilaku kesiapan penerimaan POP-C Online.
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan pengetahuan, sikap dan persepsi ketersediaan fasilitas pekerja terhadap kesiapan penerimaan POP-C Online pada pekerja konstruksi proyek pembangunan gedung serbaguna di PT.X. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif sebanyak 300 pekerja dengan metode Accidental Sampling.
Data diperoleh dengan pengisian angket serta menganalisis melalui data univariat dan bivariat melalui uji Chi-Square. Hasil uji statistik Chi-Square menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan (p-value 0,017), sikap (p-value 0,020) dan persepsi ketersediaan fasilitas (p-value 0,004) pada pekerja konstruksi proyek pembangunan gedung serbaguna di PT.X

Kata Kunci : Teknologi; POP-C Online; Perilaku Kesiapan Penerimaan;
Pekerja Konstruksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:24
Last Modified: 17 Jan 2024 02:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20359

Actions (login required)

View Item View Item