Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMILIK SERTIPIKAT TANAH YANG TIDAK SECARA NYATA MENGUASAI TANAH SECARA TERUS - MENERUS (Studi Kasus Kelurahan Pati Kidul Kecamatan Pati Kabupaten Pati). _101 Perdata 2023

MULIA, DINAR PUTRI RAMADHANI and Adhim, Nur and Triyono, Triyono (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMILIK SERTIPIKAT TANAH YANG TIDAK SECARA NYATA MENGUASAI TANAH SECARA TERUS - MENERUS (Studi Kasus Kelurahan Pati Kidul Kecamatan Pati Kabupaten Pati). _101 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
DINAR PUTRI R.M - abstrak.pdf

Download (103kB)
[img] Text
DINAR PUTRI R.M - bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
DINAR PUTRI R.M - bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
DINAR PUTRI R.M - bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
DINAR PUTRI R.M - bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
DINAR PUTRI R.M - cover.pdf

Download (471kB)
[img] Text
DINAR PUTRI R.M - dapus.pdf

Download (421kB)

Abstract

Tanah memiliki peran yang krusial pada keberlangsungan hidup manusia. Banyak pemilik tanah merasa sewenang-wenang atas tanah yang dihakinya. Salah satunya adalah tidak secara nyata menguasai tanahnya secara terus menerus tanpa memberikan tanda batas atau pagar penanda yang akhirnya menimbulkan sengketa
pertanahan. Seperti sengketa di Kelurahan Pati Kidul Kabupaten Pati antara Iskandar pemilik Sertipikat tanah yang tidak secara nyata menguasai tanah tersebut secara terus menerus dengan Kasri ahli waris Wagini yang hendak mendaftarkan tanah tersebut. Kasri sudah lama menggarap tanah tersebut tanpa ada yang merasa keberatan, akan tetapi ketika hendak mendaftarkan ternyata sudah bersertipikat atas nama orang lain yaitu Iskandar. Kedua belah pihak saling mempertahankan haknya masing-masing.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlindungan hukum terhadap pemilik sertipikat tanah yang tidak secara nyata menguasai tanah secara terus menerus (studi kasus Kelurahan Pati Kidul Kecamatan Pati Kabupaten Pati).
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis . Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan wawancara untuk memverifikasi kebenaran data sekunder, serta sebagai bagian tambahan yang akan diolah melalui metode analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini bahwa perlindungan hukum terhadap pemilik sertipikat tanah yang tidak secara nyata menguasai tanah secara terus menerus adalah seimbang atau setara dengan yang menguasai secara nyata namun tidak memiliki bukti sertipikat. Solusi penyelesaian sengketa ini dapat diselesaikan melalui jalur litigasi dan non-litigasi. Penyelesaian sengketa ini lebih tepat apabila menggunakan jalur non-litigasi berupa mediasi antar pihak yang bersengketa.

Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Penyelesaian Sengketa, Sertipikat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Penyelesaian Sengketa, Sertipikat
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:38
Last Modified: 17 Jan 2024 06:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20357

Actions (login required)

View Item View Item