Search for collections on Undip Repository

PERANCANGAN BANDARA SEPINGGAN DENGAN MEMANFAATKAN LOKALITAS SEBAGAI IDENTITAS YANG BERKELANJUTAN

MAULANA LUBIS, M IKHSAN (2023) PERANCANGAN BANDARA SEPINGGAN DENGAN MEMANFAATKAN LOKALITAS SEBAGAI IDENTITAS YANG BERKELANJUTAN. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
01 Cover.pdf - Submitted Version

Download (15kB)
[img] Text
03 Halaman Pengesahan.pdf - Submitted Version

Download (146kB)
[img] Text
05 Abstrak.pdf - Submitted Version

Download (6kB)
[img] Text
12 Bab 1.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
13 Bab 2.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
14 Bab 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15 Bab 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16 Bab 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
17 Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (79kB)

Abstract

Perancangan Terminal Penumpang Bandara Sepinggan dengan
Memanfaatkan Lokalitas sebagai Identitas yang berkelanjutan merupakan sebuah bentuk upaya mengembalikan perancangan bandar udara yang kuat akan lokalitas. Bandara Sepinggan merupakan salah satu dari tiga gerbang menuju IKN Nusantara
dan gerbang utama menuju Kalimantan dan pengadaannya mengadopsi terminalterminal baru yang bersifat modern. Keadaan tersebut mengakibatkan perbedaan antara suatu tempat (bandara) dengan tempat lainnya tidak dapat dirasakan. Untuk
itu, dengan karakter kuat yang sudah melekat dengan Bandara Sepinggan, perencanaan dan perancangan akan difokuskan dalam penciptaan identitas pada Bandara Sepinggan dengan melebur lokalitas setempat dengan unsur teknis bandara
yang sifatnya modern. Perencanaan dan perancangan dimulai dari proses merumuskan masalah, studi literatur dan studi preseden terkait teknis bandara. Lalu dilanjutkan dengan pengamatan eksisting, baik dari kebudayaan & elemen arsitektur lokal, ataupun
terminal penumpang bandara itu sendiri. Landasan penyusunan dan perhitungan ruang yang akan dihadirkan dengan meninjau daya dukung lahan dan dikaitkan dengan kelas bandara perencanaan. Kemudian menyusun kebutuhan ruang dari
aktivitas pengguna dan dari standar/regulasi yang mengatur tentang perencanaan Bandar Udara ataupun Terminal Penumpang Bandar Udara. Program ruang yang dihasilkan akan diterapkan pada tapak perencanaan untuk meyusun perencanaa di atas tapak. Selanjutnya akan dilakukan kajian aspek kinerja bangunan untuk diterapkan dalam proses perancangan agar semua standar pelayanan, kenyamanan, dan keamanan dapat terjaga dan terpenuhi. Setelah kebutuhan teknis dan pengguna tercapai, penciptaan identitas akan melalui pengamatan kritis dan dibedah melalui elemen perancangan agar penciptaan identitas hadir dalam keseluruhan arsitektur, tidak hanya penggunaan ornamen yang sifatnya tempelan semata.

Kata Kunci: Bandara, Terminal Penumpang, Lokalitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Engineering > Architecture Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Depositing User: Magister Arsitektur
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:00
Last Modified: 15 Jan 2024 04:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20273

Actions (login required)

View Item View Item