Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FINANSIAL TINGKAT KEUNTUNGAN NELAYAN GILLNET YANG BERPANGKALAN DI PERAIRAN RAWA PENING, KABUPATEN SEMARANG (23dpt261)

AMANULLOH, LUTHFIANTO ASHARI (2023) ANALISIS FINANSIAL TINGKAT KEUNTUNGAN NELAYAN GILLNET YANG BERPANGKALAN DI PERAIRAN RAWA PENING, KABUPATEN SEMARANG (23dpt261). Undergraduate thesis, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

[img] Text
Luthfianto Ashari Amanulloh 23dpt261.pdf

Download (337kB)

Abstract

ABSTRAK
(Luthfianto Ashari Amanulloh. 26010316140094. Analisis Finansial Tingkat Keuntungan Nelayan Gillnet yang Berpangkalan Di Perairan Rawa Pening, Kabupaten Semarang. Abdul Kohar Mudzakir dan Bogi Budi Jayanto). Analisis finansial merupakan suatu perhitungan dimana dilakukannya perhitungan berdasarkan data yang didapatkan. Analisis finansial biasa digunakan untuk mengetahui apakah suatu usaha yang dijalankan merupakan suatu usaha yang layak dijalankan atau tidak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis besarnya modal, pendapatan serta keuntungan yang diperoleh oleh nelayan gillnet yang berada di Perairan Rawa Pening serta menganalisis kelayakan analisis finansial yang terdiri dari NPV, IRR , R/C Ratio dan Payback Period dari nelayan gillnet. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk memperoleh data dan metode yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Oktober hingga November 2022 dimana dilakukan wawancara kepada para nelayan gillnet yang berada di Perairan Rawa Pening . Data yang dicari meliputi harga jual ikan, tangkapan harian, biaya operasional, biaya investasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal investasi yang dikeluarkan oleh nelayan gillnet di Perairan Rawa Pening rata rata adalah sebesar Rp. 2.733.333 untuk satu kali memulai usaha , pendapatan yang didapatkan para nelayan untuk musim paceklik yang berjangka waktu 4 bulan adalah sebesar Rp. 6.512.000, musim biasa yang berjangka waktu 6 bulan adalah sebesar Rp. 16.680.000 dan pada musim puncak dimana pada bulan Maret dan April adalah sebesar Rp. 6.936.000,- . Keuntungan rata rata yang diperoleh oleh nelayan gillnet pertahunnya adalah sebesar Rp 21,526,416. Hasil yang didapatkan dari perhitungan analisis finansial nelayan gillnet di Perairan Rawa Pening Kabupaten Semarang untuk NPV adalah Rp 143.154.750, IRR sebesar 78%, R/C Ratio adalah 3,48 dan Payback Period adalah selama 1 Tahun 6 Bulan. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari analisis finansial yang dilakukan untuk para nelayan gillnet di perairan Rawa Pening, dapat dikatakan bahwa usaha penangkapan dengan alat tangkap gillnet adalah usaha yang layak dilakukan , tetapi terdapat resiko yang tinggi juga dalam pengoperasian usaha ini dikarenakan adanya faktor alam yang dapat mempengaruhi hasil dari usaha tersebut.
Kata Kunci : analisis finansial, gillnet, kelayakan usaha, rawa pening

ABSTRACT
(Luthfianto Ashari Amanulloh. 26010316140094. Financial Analysis of the Profit Level of Gillnet Fishermen Based in the Lake Rawa Pening, Semarang Regency. Abdul Kohar Mudzakir and Bogi Budi Jayanto). Financial analysis is a calculation where calculations are made based on the data obtained. Financial analysis is usually used to determine whether a business that is run is a business that is feasible to run or not. The purpose of this study was to analyze the amount of capital, income and profit obtained by gillnet fishermen in Lake of Rawa Pening and analyze the feasibility of financial analysis consisting of NPV, IRR, R/C Ratio and Payback Period of gillnet fishermen. This research uses quantitative descriptive method to obtain data and the method used is purposive sampling. Data collection was conducted from October to November 2022 where interviews were conducted with gillnet fishermen in Lake of Rawa Pening. The data sought includes the selling price of fish, daily catch, operational costs, investment costs. The results showed that the average investment capital spent by gillnet fishermen in Lake of Rawa Penings is Rp. 2,733,333 for one time starting a business, the income earned by fishermen for the lean season which has a period of 4 months is Rp. 6,512,000, the regular season which has a period of 6 months is Rp. 16,680,000 and in the peak season which is in March and April is Rp. 6,936,000. The average profit obtained by gillnet fishermen per year is Rp 21,526,416. The results obtained from the calculation of financial analysis of gillnet fishermen in Lake of Rawa Penings, Semarang Regency for NPV is Rp 143.154.750, IRR is 78%, R/C Ratio is 3,48 and Payback Period is for 1 years 6 months. Based on the results obtained from the financial analysis conducted for gillnet fishermen in Lake of Rawa Pening, it can be said that the business of catching with gillnet fishing gear is a feasible business, but there is also a high risk in operating this business due to natural factors that can affect the results of the business.
Keywords : financial analysis, gillnet, profit level, rawa pening

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: analisis finansial, gillnet, kelayakan usaha, rawa pening financial analysis, profit level
Subjects: Fisheries And Marine Sciences
Divisions: Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Capture Fisheries
Depositing User: pancasila wati
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:34
Last Modified: 12 Jan 2024 08:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20243

Actions (login required)

View Item View Item