Search for collections on Undip Repository

KONFLIK PEMBANGUNAN RUMAH IBADAH DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM DAN MASYARAKAT (STUDI KASUS GEREJA BAPTIS INDONESIA TLOGOSARI SEMARANG)._ 09 Humas 2023

ILMI, GHULAM HADIST ULIL and ABDUL JALIL, ABDUL JALIL and SUPARNO, SUPARNO (2023) KONFLIK PEMBANGUNAN RUMAH IBADAH DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM DAN MASYARAKAT (STUDI KASUS GEREJA BAPTIS INDONESIA TLOGOSARI SEMARANG)._ 09 Humas 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
GHULAM HADIST ULIL ILMI -cover.pdf

Download (700kB)
[img] Text
GHULAM HADIST ULIL ILMI-abstrak.pdf

Download (274kB)
[img] Text
GHULAM HADIST ULIL ILMI-bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
GHULAM HADIST ULIL ILMI-bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
GHULAM HADIST ULIL ILMI-bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
GHULAM HADIST ULIL ILMI-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
GHULAM HADIST ULIL ILMI-dapus.pdf

Download (400kB)

Abstract

Konflik pembangunan rumah ibadah merupakan salah satu bentuk konflik sosial yang terjadi di Indonesia. Konflik ini seringkali terjadi ketika ada rencana pembangunan rumah ibadah yang bertentangan dengan kepentingan masyarakat sekitar atau mengancam nilai-nilai keagamaan yang dianut oleh masyarakat setempat. Sebagai negara yang memiliki keragaman agama, Indonesia sering menghadapi permasalahan terkait dengan konflik pembangunan rumah ibadah, baik di kota maupun di pedesaan
Permasalahan dalam penulisan ini berkaitan dengan faktor-faktor
pendorong konflik yang muncul dalam proses pembangunan rumah ibadah, dampak yang dirasakan oleh masyarakat di sekitar wilayah Tlogosari, dan penyajian solusi yang dapat diusulkan guna mencegah munculnya konflik serupa di masa depan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah socio-legal dengan spesifikasi penelitian deskriptif analisis. Data primer dan data sekunder dikumpulkan melalui observasi dan wawancara terhadap Pendeta Gereja GBI Tlogosari, LBH Pelita Semarang, dan Sekretaris FKUB Kota Semarang, serta dengan melakukan studi kepustakaan.
Hasil dari penulisan hukum ini memunculkan suatu pembahasan bahwa penyelesaian konflik pembangunan GBI Tlogosari membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, FKUB, LBH, pihak gereja, dan masyarakat setempat. Dengan pendekatan yang bijaksana, inklusif, dan berbasis pada dialog, toleransi, dan menghargai perbedaan, konflik ini dapat diatasi dengan solusi yang adil dan harmonis bagi semua pihak yang terlibat. Dengan demikian, wilayah Tlogosari dapat mencapai kedamaian dan kebersamaan yang diinginkan oleh semua pihak.
Kata Kunci: Konflik Pembangunan Rumah Ibadah, Permasalahan Sosial, Agama Dan Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konflik Pembangunan Rumah Ibadah, Permasalahan Sosial, Agama Dan Masyarakat
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:35
Last Modified: 15 Jan 2024 03:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20178

Actions (login required)

View Item View Item