Search for collections on Undip Repository

RANCANG BANGUN SIMULASI PENGAMBILAN BARANG SESUAI JUMLAH BARANG MENGGUNAKAN COUNTER DAN KEYPAD BERBASIS ARDUINO UNO PADA DRIVE THRU MINIMARKET

Kurnianto, Andrian Doni (2021) RANCANG BANGUN SIMULASI PENGAMBILAN BARANG SESUAI JUMLAH BARANG MENGGUNAKAN COUNTER DAN KEYPAD BERBASIS ARDUINO UNO PADA DRIVE THRU MINIMARKET. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_Elektro_ANDRIAN DONI KURNIANTO.docx - Published Version

Download (12MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 sedang melanda wilayah Indonesia, maka dibutuhkan sebuah upaya untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19 ini. Terdapat sebuah inovasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi terkini untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Salah satu inovasi nya berupa Drive-Thru Minimarket dan tentunya juga sudah menerapkan protokol kesehatan. Jadi Drive-Thru Minimarket ini yaitu berupa tempat untuk berbelanja kebutuhan pokok tanpa harus turun dari kendaraan sehingga dapat mengurangi terjadinya kerumunan saat berbelanja. Pada Drive-Thru Minimarket ini juga terdapat perubahan baru pada tempat kasir, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang tentunya agar lebih efektif dan efisien. Namun untuk mematangkan lagi mengenai konsep tersebut dilakukan sebuah simulasi terlebih dahulu pada tempat kasir ini.
Perubahan sistem tempat kasir pada Drive-Thru Minimarket ini bertujuan agar saat proses pengambilan barang/produk yang dipesan pembeli bisa dilakukan lebih efektif dan efisien sehingga pada saat proses mengantri untuk membayar tidak terlalu lama karena petugas kasir cukup menekan/menginputkan data berupa kode barang pada keypad lalu akan diproses oleh arduino uno dan hasil nya akan ditampilkan oleh lcd, yang juga terhubung ke relay, yang berfungsi untuk mengendalikan/ mengontrol motor dc untuk menggerekan konveyor rak produk. Untuk mengambil barang/produk sesuai jumlah yang diinginkan, terdapat sebuah rangkaian up counter, rangkaian ini terdiri dari sensor infrared, ic 4026, seven segment, push button. Jadi ketika konveyor rak produk bergerak maka produk yang di dalam nya akan otomatis bergerak lalu produk tersebut akan melewati sensor infrared. Ketika produk tersebut berhasil terdeteksi oleh sensor infrared maka data tersebut akan diproses oleh ic 4026 yang kemudian hasil nya akan ditampilkan oleh seven segement. Setelah pesanan produk/barang sesuai dengang yang diinginkan pembeli, lalu petugas kasir menekan push button yang terdapat pada samping keypad yang bertujuan untuk meberhentikan konveyor.
Jadi setelah dilakukan percobaan pada simulasi alat tersebut dapat disimpulkan yaitu ketika percobaan sensor infared 1 (di belakang rak produk) pada rak produk, jika produk dalam keadaan terisi dan berhasil terdeteksi oleh sensor infrared ini maka lampu indikator led mati, namun jika di rak produk tidak terdapat produk/dalam keadaan kosong maka lampu indikator led menyala. Berdasarkan percobaan sensor infrared 2 (di samping rak produk) pada rak produk, jika porduk berhasil dideteksi oleh sensor infrared maka seven segment akan menampilkan tampilan jumlah angka bertambah 1, namun jika sensor infrared tidak berhasil mendeteksi prosuk maka tampilan seven segment masih tetap dan tidak bertambah.

Kata Kunci : Arduino Uno, Drive-Thru Minimarket, Sensor Infrared,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Instrumentasi and Electronics
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:05
Last Modified: 11 Jan 2024 03:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20159

Actions (login required)

View Item View Item