Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PEMASARAN BUDIDAYA IKAN KOI (Cyprinus carpio) DI BUANA KOI FARM KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG (23da171)

SISCAWATI, LILIS (2023) ANALISIS PEMASARAN BUDIDAYA IKAN KOI (Cyprinus carpio) DI BUANA KOI FARM KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG (23da171). Undergraduate thesis, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

[img] Text
Lilis Siscawati 23da171.pdf

Download (413kB)

Abstract

ABSTRAK
(Lilis Siscawati. 26020118120010. Analisis Pemasaran Budidaya Ikan Koi (Cyprinus carpio) di Buana Koi Farm Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung. Tita Elfitasari dan Seto Windarto)
Ikan koi (C. carpio) merupakan salah satu ikan hias yang cukup potensial dan banyak disukai orang karena warna yang cantik dan bentuk tubuh yang ideal. Buana Koi Farm melakukan kegiatan pembenihan dan pembesaran ikan koi. Hasil dari pembenihan dijual mulai dari ukuran larva atau baru menetas hingga yang
dewasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis alur pemasaran dan metode pemasaran usaha budidaya ikan koi (C. carpio) di Buana Koi Farm. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 25 Desember 2022 – 30 Januari 2023. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi terhadap
pemasaran hasil budidaya ikan koi. Responden yang digunakan dalam studi ini menunjukkan bahwa hasil wawancara analisis pemasaran dapat menerima pesanan benih dari hasil pemijahan persilangan jenis induk yang diinginkan oleh pembeli. Akan tetapi belum tentu hasil persilangan tersebut dibeli semua oleh pemesan, sehingga perlu dilakukan pemasaran dari sisa penjualan. Pemasaran hasil pemijahan dapat dilakukan secara langsung dan semi tidak langsung. Lembaga yang terlibat dalam pemasaran budidaya ikan koi di Buana Koi Farm ke konsumen akhir yaitu pedagang pengepul, petani atau konsumen. Terdapat tiga saluran yaitu (1) produsen – pembudidaya - konsumen, (2) produsen – pedagang pengepul – konsumen akhir, dan (3) produsen – konsumen akhir. Metode pemasaran hasil budidaya dilakukan secara offline dan online. Promosi offline yang dilakukan oleh Buana Koi Farm yaitu dengan cara mengikuti ajang kontes ikan koi yang di adakan di berbagai daerah, mengikuti expo ikan hias dan expo yang diadakan di daerah Temanggung dan sekitarnya, menggunakan kolam display yang ada di lokasi, dan promosi melalui mulut ke mulut. Sedangkan promosi secara online dilakukan dengan menggunakan sosial media seperti Whatsapp dan Facebook.
Kata kunci: Koi, Alur Pemasaran, Metode Pemasaran, 4P, Pemesanan Induk Khusus.

ABSTRACT
(Lilis Siscawati. 26020118120010. Marketing Analysis of Koi Fish
(Cyprinus carpio) Farming in Buana Koi Farm Kedu Subdistrict Temanggung Regency. Tita Elfitasari and Seto Windarto)
Koi fish (C. carpio) is one of the ornamental fish that is potential and liked by people because of the beautiful color and beauty body shape. Buana Koi Farm is carries out koi fish hatchery and grow-out activities. Hatchery products are sold starting from size larvae or newly to adults. The purpose of this research is to analyze how the marketing flow, marketing methods, and financial feasibility of koi fish (C. carpio) cultivation business in Buana Koi Farm. This research was done from 25th December 2022 until 30th January 2023. Research was done using qualitative research methods. Data collection use interview techniques and observations of the marketing and finance of fish farming. Respondents who used that marketing analysis interview can receive orders from seed spawning cros breeding wanted by the buyer. However, it is not certain that all of these crosses will be bought by the customer, so it is necessary to do marketing from the remaining sales. Marketing of the spawning results is carried out directly and semi-indirectly. Marketing agency of koi fish farming in Buana Koi Farm to the final consumer are wholesalers , farmers or consumer. There are three channels, (1) producer – farmer - consumer, (2) producer – wholesalers – final consumer , and (3) producer – final consumers, and. Marketing methods for cultivation results are carried out offline and online. Offline promotion carried out by Buana Koi Farm like by participating in koi fish contests held in various regions, participating in ornameltal fish expos and expos held in Temanggung and its surroundings, using the display pond at location, and promotions through mouth to mouth. While online promotions are carried out
using social media such as Whatsapp dan Facebook.
Keywords: Koi, marketing flow, marketing methods, 4P, special main fish orders.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Koi, Alur Pemasaran, Metode Pemasaran, 4P, Pemesanan Induk Khusus Koi, marketing flow, marketing methods, special main fish orders
Subjects: Fisheries And Marine Sciences
Divisions: Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Aquaculture
Depositing User: pancasila wati
Date Deposited: 10 Jan 2024 08:08
Last Modified: 10 Jan 2024 08:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20084

Actions (login required)

View Item View Item