Search for collections on Undip Repository

“RANCANG BANGUN INSTALASI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA PADA KENDARAAN LISTRIK”

SILALAHI, FERNANDO (2023) “RANCANG BANGUN INSTALASI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA PADA KENDARAAN LISTRIK”. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
S_RPM_Fernando Silalahi.docx - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia akan terus berlanjut maka kebutuhan akan transportasi akan berkembang pula seiring pertumbuhan penduduk. Terutama dikota-kota besar, Penggunaan kendaraan semakin meningkat dan memenuhi jalanan. Dengan banyaknya kemacetan lalu lintas, pasti ada polusi udara yang dapat merusak lingkungan dan menyebabkan pemanasan global. Berbagai upaya dilakukan untuk mengurangi dampak pemanasan global, seperti penggunaan energi yang bebas polusi dan ramah lingkungan. Salah satunya yaitu penggunaan energi listrik sebagai alternatif pengganti bahan bakar fosil pada sistem transportasi melalui produksi kendaraan listrik. Kendaraan listrik ini mengurangi intensitas CO2 dan sangat efektif. Namun, kendaraan listrik memiliki kapasitas baterai yang terbatas, sehingga daya jelajahnya pendek dan pengisian daya membutuhkan waktu. Penggunaan kendaraan listrik tidak efisien, karena diperlukan baterai dalam jumlah besar untuk jarak jauh dan penggunaan jangka panjang . Oleh karena itu dibutuhkan modifikasi mobil dengan menambahkan panel surya pada mobil listrik untuk pengisian baterai dengan memanfaatkan energi matahari yang dikonversi menjadi energi listrik. Proses perencanaan kendaraan listrik panel surya dimulai dari studi literatur, observasi, desain dan perencanaan, perakitan, pengujian, analisa, dan pembahasan. Kendaraan listrik panel surya direncanakan menggunakan sel surya dengan kapasitas 160 Wp yang berjumlah 2 buah. Metode pengujian meliputi uji panel surya dalam memperoleh daya yang dikirim ke baterai dan uji jalan. Pada pengujian panel surya waktu yang dibutuhkan untuk pengisian baterai hingga penuh yaitu kurang lebih 2 jam dengan kondisi cuaca cerah dengan daya maksimal sebesar 51 Watt. Life time energi kendaraan listrik berdasarkan pengujian jalan pada persentase baterai penuh sampai tidak kuatnya baterai dalam membackup beban motor yaitu dari tegangan 52V-45V dengan kecepatan maksimal 26 Km/jam dan rata-rata kecepatan sebesar 16 Km/jam dapat menempuh jarak 7,6 Km untuk waktu yang dibutuhkan yaitu sebesar 28,21 menit.

Kata kunci : Kendaraan listrik, Panel surya, photovoltaic.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kendaraan listrik, Panel surya, photovoltaic.
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Mechanical Engineering
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:49
Last Modified: 10 Jan 2024 04:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20080

Actions (login required)

View Item View Item