Search for collections on Undip Repository

APLIKASI MODEL S-O-R PADA ANALISIS PENGARUH E-WOM MELALUI SOCIAL MEDIA INFLUENCER, CELEBRITY ENDORSEMENT, DAN CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada konsumen produk Erigo melalui S-commerce TikTok Shop)

MUKTI, Khansania Adinda (2023) APLIKASI MODEL S-O-R PADA ANALISIS PENGARUH E-WOM MELALUI SOCIAL MEDIA INFLUENCER, CELEBRITY ENDORSEMENT, DAN CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada konsumen produk Erigo melalui S-commerce TikTok Shop). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010119130316.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010119130316.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010119130316.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010119130316.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010119130316.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010119130316.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119130316.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Adanya perkembangan teknologi menimbulkan adanya tren pada
masyarakat yaitu berupa berbelanja online, salah satu tren yang populer adalah
belanja produk fashion melalui platform s-commerce TikTok Shop. Dengan tren
belanja online tersebut beserta adanya keterbatasan yang dirasakan konsumen
karena tidak dapat menilai produk secara langsung dan fisik, E-WOM telah menjadi
sumber informasi utama bagi calon pelanggan. Ditambah dengan adanya
persaingan yang ketat dalam pasar fashion brand lokal, banyak perusahaan
berlomba-lomba dalam memanfaatkan E-WOM sebagai strategi upaya pemasaran
pada s-commerce untuk dapat mempengaruhi perilaku pelanggan terutama minat
beli. Selayaknya tujuan akhir pemasaran adalah untuk membantu perusahaan
menghasilkan penjualan, pemanfaatan E-WOM pada s-commerce layaknya
dipertimbangkan perusahaan untuk membentuk citra merek yang sebagai
dampaknya dapat memengaruhi konsumen dan pada akhirnya, dapat menumbuhkan
minat beli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sekaligus
membandingkan pengaruh E-WOM melalui Social Media Influencer, Celebrity
Endorsement, dan Customer Review terhadap minat beli serta brand image menjadi
variabel intervening untuk menganalisis hubungannya dengan teori model S-O-R
(Stimulus-Organism-Response) pada produk Erigo melalui s-commerce TikTok
Shop.
Penelitian ini diawali dengan melakukan pengembangan kerangka atau
model penelitian S-O-R (Stimulus-Organism-Response) dengan variabel Social
Media Influencer, Celebrity Endorsement, Customer Review, Brand Image, dan
Minat Beli. Selanjutnya, Data diperoleh dari 135 responden dengan menyebarkan
kuesioner melalui media sosial dan terdiri atas pertanyaan terbuka dan tertutup.
Responden merupakan Konsumen Erigo di Indonesia yang memiliki akun TikTok
dan telah mengenal merek Erigo sebelumnya. Kemudian, Data yang diperoleh
dianalisis secara kuantitatif dan struktural menggunakan metode Structural
Equaition Modelling (SEM) dengan menggunakan program Analysis Moment of
Structural (AMOS) versi 23.
Dalam penelitian ini dihasilkan bahwa ketiga komunikan E-WOM berupa
Social Media Influencer, Celebrity Endorsement, Customer Review memiliki
pengaruh Positif signifikan terhadap Brand Image, begitu pula Brand Image
memiliki pengaruh positif signfikan terhadap Minat Beli. Tak hanya itu tetapi
ketiga komunikan E-WOM (Social Media Influencer, Celebrity Endorsement,
Customer Review) tersebut juga terbukti memiliki pengaruh langsung terhadap
Minat Beli. Diharapkan Implikasi Manajerial penelitian ini dapat dijadikan saran
sebagai penentuan strategi komunikasi pemasaran Erigo melalui s-commerce
TikTok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: social media influencer, celebrity endorsement, customer review (ulasan pelanggan), brand image, purchase intention (minat beli), social commerce, S-O-R theory, stimulus, organism, response
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:31
Last Modified: 08 Jan 2024 07:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19946

Actions (login required)

View Item View Item