Search for collections on Undip Repository

Hubungan Gerak Latih Otak Terhadap Kadar Interleukin 6 Dan Kualitas Tidur Pada Lansia

Jeremia, Jeremia and SURYAWATI, HERLINA and Retnaningsih, Retnaningsih and Tugasworo, Dodik and Muhartomo, Hexanto and Puspita Wati, Arinta (2023) Hubungan Gerak Latih Otak Terhadap Kadar Interleukin 6 Dan Kualitas Tidur Pada Lansia. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (389kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (Cover)
Cover Tesis.pdf

Download (653kB)
[img] Text (Dapus-Lampiran)
Dapus-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Kualitas tidur yang buruk merupakan isu yang sangat sering terjadi di dunia modern, dengan kurang lebih 36% populasi dewasa di dunia Barat memiliki kualitas tidur yang buruk. Beberapa cara bisa dilakukan untuk mengurangi gangguan tidur tersebut baik secara farmakologi maupun non farmakologi. Salah satu terapi relaksasi yang dapat dilakukan adalah senam otak. Pasien dengan kantuk dan kelelahan siang hari akan mengalami peningkatan sirkulasi kadar interleukin-6.
Tujuan : Menganalisis perbedaan antara perubahan kadar interleukin 6 dan perubahan kualitas tidur setelah dilakukan intervensi gerak latih otak pada lansia.
Metode : Penelitian ini observasional analitik kuasi experimental dengan pendekatan pre and posttest group design without control. Subjek adalah lansia yang berada di Panti Sosial Tresna Werdha Pucang Gading, Semarang yang memenuhi kriteria inklusi ( lansia diatas usia 60 tahun, mampu membaca dan menulis, mampu dan bersedia secara fisik melakukan Gerak Latih Otak) dengan kriteria eksklusi lansia dengan gangguan depresi, riwayat stroke, riwayat tumor, demam, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, gangguan keseimbangan, nyeri anggota gerak dan keterbatasan gerak sendi. Subjek penelitian di cek kadar Interleukin 6 dan skor PSQI sebelum dan sesudah Gerak Latih Otak. Kemudian dilakukan uji T test berpasangan.
Hasil : Selama periode penelitian bulan November 2022-Januari 2023 di Panti Sosial Tresna Werdha Pucang Gading, Semarang diperoleh 29 subjek. Terdapat perbedaan yang bermakna antara perubahan kadar interleukin 6 sebelum dan sesudah gerak latih otak (p=0.034). Terdapat perbedaan yang bermakna antara perubahan skor PSQI sebelum dan sesudah gerak latih otak (p=0.000). Tidak terdapat hubungan antara perubahan kadar interleukin 6 dengan perubahan kualitas tidur. Tidak terdapat pengaruh yang bermakna antara jenis kelamin, tingkat pendidikan, hipertensi, dyslipidemia, diabetes mellitus terhadap perubahan interleukin 6 dengan perubahan skor PSQI.
Kesimpulan : Terdapat perbedaan bermakna perubahan kadar Interleukin 6 dan skor PSQI sebelum dan sesudah Gerak Latih Otak.
Kata Kunci : Interleukin 6, PSQI, Gerak Latih Otak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Interleukin 6, PSQI, Gerak Latih Otak
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:28
Last Modified: 10 Jan 2024 06:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19930

Actions (login required)

View Item View Item