Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN HUKUM TERHADAP SENGKETA MEREK GOTO ANTARA TERBIT FINTECH DENGAN GOJEK TOKOPEDIA (Putusan PN Jakarta Pusat 71/Pdt.Sus-HKI/Merek/2021/PN Niaga Jkt.Pst). _220 Dagang 2023

JUNIARDO, BONIE ANDROZ and Saptono, Hendro and Rahmanda, Bagus (2023) TINJAUAN HUKUM TERHADAP SENGKETA MEREK GOTO ANTARA TERBIT FINTECH DENGAN GOJEK TOKOPEDIA (Putusan PN Jakarta Pusat 71/Pdt.Sus-HKI/Merek/2021/PN Niaga Jkt.Pst). _220 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai putusan kasus sengketa merek antara PT. Terbit Financial Technology, dan PT. Gojek Tokopedia selaku perusahaan merger dari Gojek dan Tokopedia. Berkaca kepada Undang Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Penelitian ini mempertanyakan kesesuaian pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara Terbit Fintech dengan GoTo dengan UU Merek yang sudah ada dan juga mempertanyakan mengenai akibat hukum dari putusan sengketa merek GoTo antara Terbit Fintech dan Gojek Tokopedia. Tujuan penelitian hukum ini untuk mengetahui bagaimana pertimabngan hakim dalam putusan dalam mengatasi sengketa yang disebabkan oleh adanya kesamaan dengan merek lain yang terdaftar dan untuk mengetahui akibat hukum yang ditimbulkan dari sengketa tersebut sesuai dengan Undang-Undang Merek dan Indikasi Geografis. Dalam mengkaji hal diatas, penulis menggunakan metode yuridis normatif yaitu dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder sebagai dasar penelitian dan dengan dicocokan terhadap peraturan-peraturan dan literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti dan dengan menggunakan spesifikasi penelitian deskripstif analitis. Berdasarkan hasil penelitian, Penulis menemukan bahwa Putusan Pengadilan Negeri Niaga Jakarta Pusat No. 71/Pdt.Sud-HKI/Merek/2021/PN Niaga Jkt.Pst memutuskan untuk menolak gugatan PT. Terbit Financial Technology mengikuti dengan peraturan UU Nomor 20 Tahun 2016, bahwa penolakan bukan merupakan kewenangan Pengadilan Niaga melainkan kewenangan Kementerian Hukum dan HAM Indonesia, dan putusan ini mengakibatkan PT. Terbit Fintech untuk membayar biaya perkara, dan GoTo dapat mempertahan hak sertifikat atas nama GoTo.
Kata Kunci: Sengketa merek, Gojek Tokopedia, Terbit Financial Technology

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sengketa merek, Gojek Tokopedia, Terbit Financial Technology
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:31
Last Modified: 11 Jan 2024 02:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19909

Actions (login required)

View Item View Item