Search for collections on Undip Repository

Akibat Hukum terhadap Penundaan Pembuatan Perhimpunan Penghuni dan Pemilik Satuan Rumah Susun oleh Pengembang. _100 Perdata 2023

ANANTA, MIKHAIL NAJIB and Suharto, R. and Adhi, Yuli Prasetyo (2023) Akibat Hukum terhadap Penundaan Pembuatan Perhimpunan Penghuni dan Pemilik Satuan Rumah Susun oleh Pengembang. _100 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembangunan rumah susun merupakan suatu alternatif pemecahan masalah utama mengenai keterbatasan hunian di Indonesia. Pemilik rumah susun wajib membentuk PPPSRS yang difasilitasi oleh pelaku pembangunan rumah susun.
Metode penelitian penulisan hukum ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris yang merupakan penelitian sosiologis, dan dapat disebutkan dengan penelitian secara lapangan, yang mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta yang telah terjadi dalam kehidupan masyarakat. Pembentukan PPPSRS seringkali ditunda oleh pelaku pembangunan agar dapat menghasilkan keuntungan dari penarikan biaya-biaya pengelolaan rumah susun. Peraturan perundang-undangan juga terdapat banyak salah penafsiran yang pada akhirnya memberi celah bagi pelaku pembangunan untuk memanipulasi komposisi anggota-anggota PPPSRS. Pemerintah daerah mempunyai kewajiban untuk menerapkan sanksi administratif yang seharusnya diberikan kepada pelaku pembangunan yang menunda pembentukan PPPSRS, namun pemerintahan daerah kurang tegas dalam menerapkannya. Minimnya konsekuensi terhadap pelaku pembangunan seolah-olah mempersilakan terjadinya perbuatan penundaan PPPSRS di berbagai rumah susun di Jakarta. Urgensi maupun tata cara pembentukan PPPSRS juga tidak disampaikan baik oleh pemerintah daerah kepada pihak-pihak terkait termasuk kelurahan setempat, yang mana perannya krusial dalam pembentukan PPPSRS.

Kata Kunci: PPPSRS, Pelaku pembangunan, Rumah susun

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPPSRS, Pelaku pembangunan, Rumah susun
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:29
Last Modified: 11 Jan 2024 03:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19900

Actions (login required)

View Item View Item