Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PUBLIK DI BIDANG DRAINASE DALAM RANGKA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN BANJIR ROB DI KECAMATAN SEMARANG UTARA_08 HUMAS 2023

SIAHAAN, TOTO PARULIAN and Suteki, Suteki and Lumbanraja, Anggita Doramia (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PUBLIK DI BIDANG DRAINASE DALAM RANGKA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN BANJIR ROB DI KECAMATAN SEMARANG UTARA_08 HUMAS 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rob setiap tahunnya terjadi di Kota Semarang terutama di Kecamatan Semarang Utara yang memberikan dampak bagi masyarakat. Dampak tersebut antara lain, aspek sosial, ekonomi, kesehatan, dan lainnya. Sistem drainase yang kurang optimal menjadi salah satu penyebab terjadinya rob. Hal ini mendorong Pemkot Semarang untuk mengatasi rob dengan membuat suatu kebijakan yakni Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Rencana Induk Sistem Drainase Kota Semarang Tahun 2011-2031. Permasalahan dalam penelitian ini: 1) implementasi Perda Kota Semarang No. 7 Tahun 2014 dalam menangani rob di Kecamatan Semarang Utara dan 2) kendala dan upaya dalam penanganan rob di Kecamatan Semarang Utara. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan socio-legal, yang hasilnya peraturan daerah tersebut telah dilaksanakan seperti pembangunan polder, kolam retensi, air baku, serta perbaikan sistem drainase.
Kendala dalam penanganan banjir rob di Kota Semarang adalah penurunan muka tanah di pantai, kenaikan muka laut, erosi dan sedimentasi, kesadaran masyarakat dalam membuang sampah dan air laut pasang. Upaya dalam penanganan rob di Kota Semarang adalah kerjasama antara Pemkot Semarang dan pusat, pembuatan polder, perbaikan sistem drainase, pemberian bantuan kepada korban rob, dan pelatihan kepada masyarakat di kawasan rawan rob. Melihat kendala tersebut, seharusnya Pemerintah Kota Semarang meningkatkan pengawasan terhadap kegiatan penanganan rob dan memperketat pengambilan air bawah tanah yang dilakukan secara bebas oleh kalang industri dan masyarakat.

Kata Kunci: implementasi, kebijakan, penanggulangan, banjir rob

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: implementasi, kebijakan, penanggulangan, banjir rob
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:48
Last Modified: 11 Jan 2024 02:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19894

Actions (login required)

View Item View Item